Sukses

PDIP Siapkan Kader Perempuan Jadi Penantang Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

PDI Perjuangan sedang menyiapkan kader terbaiknya untuk menjadi penantang Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan sedang menyiapkan kader terbaiknya untuk menjadi penantang Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, usai menghadiri acara Pelatihan Nasional (Pelatnas) Tim Pemenangan Pilkada 2024 PDIP Gelombang Keempat, di Hotel Seruni, Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024).

Hasto kemudian membocorkan sedikit kader yang akan diusung. Dia tak menyebut Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono. Sebab, kader yang bakal diusung di Pilgub Jabar 2024 berasal dari kalangan perempuan.

"Ya ada seorang kader perempuan yang hebat. Yang nanti akan diumumkan pada waktu yang tepat," ujar Hasto, Jumat (9/8/2024).

Meskipun selama satu dekade PDIP tidak pernah mendapat kursi eksekutif di Jabar, kata Hasto, PDIP tetap ingin memunculkan kadernya untuk bisa ikut dalam ajang pilkada.

"Nah tentu saja selain fokus di tingkat kabupaten kota, kami juga mencari opsi-opsi baru untuk yang ada di Jawa Barat. Apalagi ini benih-benih nasionalisme sangat kuat dalam bulan Agustus ini," ucap Hasto.

Saat ini, kata Hasto, pihaknya sedang mencari figur-figur agar nama yang dicalonkan disepakati oleh partai-partai lain yang ingin membangun koalisi bersama PDIP khususnya untuk Pilkada Jabar 2024.

"Jadi kami juga terbuka ruang. Kami sudah ada opsi-opsi kader yang dicalonkan oleh PDIP, yang kira-kira bisa menjadi titik temu bersama partai politik lain," ucap Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Golkar Usung Dedi Mulyadi Jadi Cagub Jabar 2024

Partai Golkar telah memutuskan untuk mengusung politikus Partai Gerindra, Dedi Mulyadi, maju menjadi calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Tiket dukungan dari Partai Golkar ke Dedi Mulyadi itu dipastikan usai pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan utusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko dan sejumlah petinggi Golkar Jabar di Kota Bandung pada Jumat malam (2/8/2024).

"Kita tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Singgih dalam keterangannya.

Dedi menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus Partai Golkar, terutama Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Saya mengucapkan terima kasih ya buat Mas Singgih dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar, khususnya buat Ketua Umum DPP Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto bahwa utusannya sudah datang ke Jawa Barat untuk ajak ngomong serius masalah tunangan di Provinsi Jawa Barat," kata Dedi.

 

3 dari 4 halaman

Cawagub Dedi Mulyadi Berasal dari Golkar

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco mengatakan bakal calon wakil gubernur untuk Dedi mulyadi di Pilkada Jawa Barat 2024 dipastikan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang diambil dari kader Golkar.

Belakangan pun menguat nama Ade Ginanjar yang merupakan politikus Golkar, serta istri dari mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

"Kita sudah serahkan ke Partai Golkar nanti tentunya terserah Partai Golkar apakah nanti akan memajukan kader yang mana dan kita masih menunggu," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Dia menegaskan, partai lain di KIM yakni PAN dan Demokrat juga sudah sepakat menyerahkan kursi ke Partai Golkar. "Enggak (masalah) kita sudah bicara kok," kata Dasco.

Karena itu, dia pun mengungkapkan, KIM sangat solid untuk di Pilkada Jawa Barat 2024. "Ya kalau di Jabar harus solid lah," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Jusuf Hamka Ditugaskan Golkar Dampingi Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat

Politikus Partai Golkar sekaligus pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka, kini ditugaskan partainya untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2024. Keputusan ini setelah Golkar memutuskan untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan Jusuf Hamka setelah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil di rumah dinas Airlangga, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

"Baru tugas dari Pak Airlangga. Tugas dari Golkar (untuk di Jabar), nah itu," tambahnya.

Pria yan akrab disapa Babah Alun itu mengaku menjadi salah satu kandidat yang masuk untuk mendampingi cagub Jabar dari Gerindra, Dedi Mulyadi.

Ada 3 sampai 4 nama yang disodorkan Partai Golkar untuk mendampingi Dedi Mulyadi, termasuk istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

"Ada beberapa nama. Termasuk nama saya dan yang lain-lain seperti Kang Emil bicarakan," ucap Jusuf Hamka.

"Ya nantinya kalau saya pun menjadi wakil Kang Dedi atau apa, saya pasti berfokus untuk membuat jalan-jalan atau infrastruktur yang lebih baiklah," sambungnya.

Setelah ditugaskan di Jabar, Jusuf Hamka akan membuka komunikasi dengan Dedi Mulyadi. Dia juga sempat menjalin komunikasi dengan eks bupati Purwakarta itu sebelum diminta Golkar maju jadi cagub Jakarta.

"Bahkan seminggu sebelum saya diinstruksikan untuk di Jakarta, kita komunikasi, saya enggak tahu bahwa ada pencalonan. Ya biasa teman-teman aja ngobrol gitu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.