Sukses

Pilgub NTB 2024, Survei: Citra Personal Iqbal-Dinda Lebih Unggul

Lalu Muhamad Iqbal dipandang sebagai sosok yang perhatian pada rakyat, pribadi yang jujur dan seorang yang bersih dari korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Pilgub NTB 2024terbilang ketat, Pasalnya, menurut peta politik saat ini, sebanyak tiga pasang kandidat sudah saling menampakkan diri. Termasuk, Lalu Muhamad Iqbal yang berpasagan dengan Indah Dhamayanti Putri (Dinda).

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat, keduanya tak dapat dilepaskan dari citra personal. Dari data jajak pendapat, Lalu Iqbal memiliki citra personal yang membuat publik meleleh.

"Dari semuanya Lalu Iqbal lebih unggul di semua jenis citra personal," kata Direktur Eksekutif  Djayadi Hanan, seperti dikutip Jumat (16/8/2024).

Djayadi melanjutkan, Bakal Calon Gubernur NTB yang akrab disapa LMI ini dipandang sebagai sosok yang perhatian pada rakyat, pribadi yang jujur dan seorang yang bersih dari korupsi.

"Untuk sosok yang berani dan tegas Pak Iqbal unggul signifikan. Kebugaran dan kesehatan Pak Iqbal lebih unggul, begitu pula persepsi mampu memimpin," ucap Djayadi.

“Diketahui LMI unggul dari petahana di lima citra personal. LMI hanya kalah dengan Sitti Rohmi Djalilah sebagai sosok religius taat beragama. Poin Rohmi 60, LMI 56,9, sementara Zulkieflimansyah ada meraih 51,7, dan Lalu Gita Ariadi meraih 31,1. Dari sisi perhatian kepada rakyat, LMI dalam posisi teratas. Menyusul jujur dan bersih dari korupsi,” ungkap Djayadi.

Dari citra personal, LMI pun dipandang sebagai sosok berani dan tegas. Kondisi fisiknya pun bugar dan sehat. Terakhir, dengan posisi citra personal teratas LMI dinilai mampu memimpin provinsi NTB dengan poin 59,8, disusul Zulkieflimansyah 53,9, kemudian Rohmi 52, dan terakhir Lalu Gita dengan 33,1.

Lebih lanjut, hal lain yang membuat elektabilitas Lalu Iqbal terus menanjak, baik Lalu Iqbal dan wakilnya banyak menggelar pertemuan tatap muka. Apa yang dilakukan oleh Lalu Iqbal dinilai sanggup bersaing dengan petahana.

"Sosialisasi media saya lihat juga unggul, sosialisasi radio juga unggul, televisi sama kuat. Sosialisasi internet, bersaing dan sama kuat, " jelas dia.

Sementara itu, lanjut Djayadi, ketika dipasangkan Iqbal dan Dinda mendapatkan poin yang cenderung kompetitif. Sebab persepsi masyarakat terhadap petahana terbilang sedang saja.

“Kepuasannya hanya 60 persen saja, kalau tinggi semestinya di atas 70 persen.Itu yang membuat petahana tak dapat unggul dominan," rinci Djayadi.

Djayadi melanjutkan, jumlah responden yang ingin petahana kembali memimpin tercatat tak sampai 50 persen. Hal ini yang membuat Pilkada Provinsi NTB akan berjalan ketat.

"28 persen ingin (petahana) , 38 tidak ingin sisanya ragu-ragu, " tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas

Sebagai informasi, dari simulasi 3 nama, Iqbal meraih elektabilitas 22,4 persen. Sementara Zulkieflimansyah meraih 21,5 persen dan terakhir Sitti Rohmi Djalilah 21 persen.

Dalam simulasi tiga pasangan dari survei yang dilakukan elektabilitas Iqbal-Dinda sudah mencapai 24,3 persen, Zul-Uhel di angka 28,1 persen dan Rohmi-Firin ada di angka 19 persen.

Diketahui, survey menggunakan multistage random sampling ini mengambil 800 responden dengan margin of error 3,5 persen. Survey dilakukan mulai 16-24 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini