Sukses

Golkar Akan Umumkan Cawagub Ridwan Kamil dan Ahmad Luthfi Pekan Depan

Doli menjelaskan, pembahasan pasangan calon, tak terkecuali yang akan diusung di Pilkada Jakarta dan Pilkada Jateng, dilakukan secara bersama-sama dengan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, calon wakil gubernur (Cawagub) pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta dan cawagub pendamping Ahmad Luthfi di Pilkada Jawa Tengah akan diumumkan pekan depan.

"Insya Allah minggu depan, awal minggu depan, minggu depan saya kira kita sudah sampai pada pembicaraan siapa yang akan kita usung jadi wakil-wakil yang kita tetapkan calonnya, baik di Jakarta maupun Jawa Tengah," kata Doli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Lebih lanjut, Doli menjelaskan, pembahasan pasangan calon dilakukan secara bersama-sama dengan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Pembahasan pasangan calon juga tak hanya terbatas pada Pilgub Jakarta dan Jawa Tengah, melainkan di seluruh wilayah.

"Tentu selama ini bukan hanya di Jakarta atau di Jawa Tengah tapi di seluruh daerah kita sudah sering sekali membicarakan Golkar, PSI dan temen-teman KIM yang lain, untuk menghadapi pilkada di seluruh daerah," ujarnya.

"Jadi saya kira kami selama ini sebagian besar selaras dengan keputusan dengan partai-partai politik yang diambil dalam KIM, sebagian sama dan berdasarkan kesepakatan Partai Golkar dan temen temen KIM," imbuh Doli.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Soal Cawagub RK: Nanti Biar Tegang Dikit

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga presiden terpilih 2024-2029 enggan membeberkan sosok bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024, apakah dari PKS atau lainnya.

"Nanti pada saatnya kita umumkan. Biar ada apa ya. Ya ada ketegangan dikit. Tapi kalian sudah tahu lah, wartawan lebih tahu kadang-kadang," tutur Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengumumkan pasangan calon untuk Pilkada Jakarta pada 19 Agustus mendatang.

"Secara resminya kami sepakat akan mengumumkan pada tanggal 19 Agustus kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

 

3 dari 3 halaman

Diumumkan Tanggal 19 Agustus 2024

Lebih lanjut, saat ditanya apakah pengumuman tersebut akan dihadiri semua partai KIM atau ada partai lain, Dasco tak menjawab secara lugas.

"Nanti untuk mengumumkannya apakah kemudian berapa partai atau semua partai kita akan rencanakan nanti" ujar Dasco.

Perihal siapa sosok yang akan diumumkan, apakah Ridwan Kamil dan Suswono, Dasco tak mengelak. Namun, dia meminta agar seluruh pihak untuk menanti secara resmi pada 19 Agustus mendatang.

"Itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong, tapi pokoknya kita resminya umumkan tanggal 19," imbuh Dasco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.