Sukses

Ridwan Kamil Beri Kode Pasangannya di Pilkada Jakarta 2024, Ungkap Sosok Ini

Politikus Golkar yang juga disebut bakal menjadi calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengatakan, dirinya akan dideklarasikan dengan pasangannya untuk maju di Pilkada Jakarta pada 20 Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta Politikus Golkar yang juga disebut bakal menjadi calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengatakan, dirinya akan dideklarasikan dengan pasangannya untuk maju di Pilkada Jakarta pada 20 Agustus 2024.

"Lusa diumumin tanggal 20," kata dia di IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat ini mengklaim banyak partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mendukungnya di Pilkada Jakarta 2024.

"Banyak (parpol di luar KIM)," tutur Ridwan Kamil.

Perihal sosok wakilnya, dia tak menepis atau membenarkan bahwa dirinya akan berpasangan dengan sosok Politikus PKS Suswono.

"Kurang lebih sama lah. Kan wartawan sudah tau," kata Ridwan Kamil

"(iya) kurang lebih (Suswono)," sambungnya.

Sedangkan, ditanya soal nama Kaesang Pangarep sebagai cawagub, Ridwan Kamil sebatas memberikan kode pendampingnya adalah nama yang belakangan kerap disandingkan dengan dirinya.

"Per hari ini masih dengan yang sering disebut," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Suswono akan diumumkan pada 19 Agustus 2024. Nantinya, pasangan itu akan bertarung atau maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"(RK dan Suswono ini sudah disetujui semua) Iya dan akan diumumkan tanggal 19 Agustus," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Kemudian, terkait dengan Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto yang melakukan pertemuan dengan partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Parpol

Dirinya memastikan, jika parpol tersebut sudah menyatakan dukungan untuk Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Iya semua partai yang kemarin bertemu menyatakan mendukung pemerintah Prabowo-Gibran, dan menyatakan masuk ke dalam koalisi pemerintah Prabowo-Gibran," ujarnya.

"Sehingga saya pikir apa yang disampaikan bahwa pemerintahan itu dilakukan secara bersama-sama dengan partai-partai yang baru maupun yang sudah lama jadi koalisi," tambahnya.

Selain itu, terkait dengan parpol yang sudah tergabung di dalam KIM itu dipastikan dirinya sudah melakukan komunikasi soal gabungnya parpol di luar KIM.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan partai-partai yang sudah ada seperti PAN, misalnya dengan partai Golkar, Demokrat, itu enggak ada masalah dan Insya Allah semua berjalan dengan lancar," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Cawagub Ridwan Kamil Diminta dari PKS

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid merespon ajakan kerja sama dari partai-partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk berjuang bersama di Pilkada Jakarta 2024.

Kholid mengungkapkan bahwa komunikasi pimpinan PKS dan KIM berjalan lancar tanpa ada hambatan.

“Komunikasi kami berjalan baik. Insyallah rencana kerjasama semakin terang jalannya. Mohon doanya, semoga menghadirkan kemaslahatan bagi warga Jakarta," kata Kholid, dalam keterangan resmi, Jumat (17/8/2024).

Dia menyebut, kpmunikasi politik antara pimpinan PKS dan pimpinan partai politik di KIM terjalin intensif dan menemukan titik temu.

“Progressnya alhamdulilah bagus, dan jika tidak ada aral melintang, kemungkinan akan diumumkan dalam waktu dekat, yakni 19 Agustus mendatang," ujar dia.

Saat ditanya terkait siapa pasangan Cagub-Cawagub Jakarta yang akan diusung oleh KIM dan PKS, Kholid mengatakan sudah ada kesepakatan bahwa pasangan Ridwan Kamil berasal dari PKS.

“Sudah mulai ada titik terang. Hingga saat ini, InsyAllah Cagub usulan KIM adalah Ridwan Kamil (RK) dan Cawagub yang diminta untuk mendampinginya dari PKS.” imbuhnya.

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.