Sukses

Ridwan Kamil Anggap Cagub Independen Dharma Pongrekun Lawan Berat di Pilkada Jakarta

Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta Ridwan Kamil menganggap pasangan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, adalah lawan yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta Ridwan Kamil menganggap pasangan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, adalah lawan yang kuat.

Meski dari jalur independen, Ridwan Kamil menilai sosok Dharma Pongrekun yang merupakan purnawirawan jenderal bintang tiga Polri adalah orang istimewa.

"Di mana-mana kalau sudah bintang tiga jenderal itu orang terpilihlah. Istimewa sekali. Sama-sama mencintai Jakarta," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Minggu (18/8/2024).

Oleh sebab itu, Ridwan Kamil enggan menanggapi isu terkait Dharma Pongrekun yang dinilai hanya sebagai calon boneka di Pilkada Jakarta 2024. Sebab, Ridwan Kamil menganggap latar belakang lawan tandingnya itu cukup luar biasa.

"Demokrasi itu tafsir. Jadi bagi saya siapa yang sudah memenuhi persyaratan dan diputuskan oleh KPU, itu aja. Yang kita yakini bahwa ini gimana-gimana, itu mah tafsir dari masing-masing yang ingin menilai sesuai imajinasinya," kata Ridwan Kamil.

"Pak Dharma itu bintang tiga loh, jenderal polisi bukan kaleng-kaleng, lawannya luar biasa," tambahnya.

Ridwan Kamil membantah anggapan pencalonan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sebagai calon independen agar tidak melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta 2024. Ridwan Kamil menyebut Dharma-Kun lebih dulu mendaftar Pilkada Jakarta 2024 dari dirinya.

"Yang saya tau kan beliau ini kan daftarnya sudah jauh-jauh hari. Enggak ada urusan dengan teori hari ini (calon boneka)," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Dipasangkan dengan Politikus PKS Siswono

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan secara resmi mendeklarasikan pasangan untuk Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil dan mantan Menteri Pertanian yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Suswono, pada Senin (19/8/2024).

"Deklarasi kami akan dilakukan besok," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan deklarasi akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pukul 19.00 WIB dengan kandidat wakilnya adalah Suswono. "Besok jam 7 atau 19.00 di Hotel Sultan. Mungkin nanti penyerahan dukungan secara simbolis bisa dilakukan di sana," kata Ridwan Kamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan arah dukungannya kepada Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta 2024.

"PKB sudah final bahwa PKB untuk Pilkada di DKI ini bersama Gerindra, jadi tidak ada pembicaraan di luar itu. Jadi kita pastikan PKB bersama Gerindra dan siapa calon yang diusung kita semua juga mengetahui," kata Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. 

"Karena itu apapun pernyataan dari partai-partai lain terkait ke mana sikap PKB, saya pikir sudah jelas dan final PKB bersama Gerindra di Pilkada DKI," sambung dia.

Namun begitu, hingga saat PKB belum menerima undangan terkait rencana pengumuman bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta dari KIM Plus, yang diketahui akan dilangsungkan pada Senin malam, 19 Agustus 2024.

"Ya kita tunggu undangan ya," kata Hasanuddin.

3 dari 3 halaman

KIM Plus Sudah Satu Nama Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan seluruh partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus sudah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

"Insyaallah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sementara untuk bakal calon wakil gubernur (cawagub), Dasco menyatakan akan diumumkan dalam waktu dua hari ke depan.

"Untuk wakilnya sehari-dua hari kita akan sampaikan ke media," kata dia.

Menurut Dasco, dalam waktu dekat pengumuman tidak hanya nama cawagub melainkan juga nama-nama parpol yang akan masuk ke KIM Plus.

"Sehari dua hari ini kita sampaikan plusnya siapa," ucap Dasco.

Dasco juga memastikan parpol yang akan bergabung ke KIM di Pilkada Jakarta 2024 lebih dari satu partai. "Plusnya lebih dari satu," pungkas Dasco.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.