Sukses

Menanti Momen KIM Plus Deklarasi Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 Malam Ini

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus bersiap mendeklarasikan Ridwan Kamil alias RK sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024 pada Senin (19/8/2024) malam ini.

Liputan6.com, Jakarta Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus bersiap mendeklarasikan Ridwan Kamil alias RK sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024 pada Senin (19/8/2024) malam ini.

Bakal calon wakil gubernur yang digadang-gadang mendampingi Ridwan Kamil yakni Suswono dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, deklarasi Ridwan Kamil-Suswono akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, sekitar pukul 19.00 WIB. Sikap sejumlah partai pun kian meruncing, setelah yang terbaru PKB menyatakan telah bergabung dengan KIM Plus, menyusul NasDem, PPP, dan Perindo.

Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil pun telah mengungkapkan bakal mendeklarasikan maju di Pilkada Jakarta pada Senin (19/8/2024) malam, setelah mendapatkan dukungan dari berbagai partai politik.

"Deklarasi kami akan dilakukan besok (hari ini), tanggal 19 jam 7 malam," kata Ridwan Kamil usai berkunjung ke Kantor DPP Perindo, Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2024.

Yang terbaru, dia mengaku telah mendapatkan dukungan dari Partai Perindo untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Menurutnya, penyerahan dukungan secara simbolis dari Partai Perindo pun akan dilakukan pada saat deklarasi di hari Senin.

Ridwan Kamil mengatakan harapan warga Jakarta khususnya konstituen dari Partai Perindo akan menjadi visi dan misinya yang bakal direalisasikan pada lima tahun ke depan jika terpilih menjadi gubernur.

Dia pun berterima kasih atas dukungan tambahan dari partai yang kini dipimpin oleh Angela Tanoesoedibjo itu. Menurut Ridwan Kamil, instrumen utama untuk menjalankan demokrasi adalah partai politik.

"Dukungan partai politik bersama instrumennya jika dikelola dengan baik menghasilkan kondusivitas dan keberhasilan," kata Ridwan Kamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKB Dukung Ridwan Kamil

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan arah dukungannya kepada Ridwan Kamil alias RK untuk Pilkada Jakarta 2024. Hal itu menyusul pernyataan Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menegaskan telah berkoalisi dengan Partai Gerindra.

"Ya, PKB sudah melakukan pembicaraan intensif, sudah sejak keputusan MK dan KPU hasil pilpres. Jadi Pak Prabowo juga pernah datang ke kantor PKB, dan kita bersepakat akan memantapkan perjalanan koalisi di pemerintahan yang akan datang. Bagi PKB, kewajiban moral mensukseskan Pak Prabowo dan menjadi bagian dari koalisi Pak Prabowo," ujar Cak Imin di Hotel Fairmont Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2024.

Cak Imin masih enggan menegaskan bergabungnya PKB dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Dia hanya menyebut berkoalisi dengan Gerindra dan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto.

"Kerja sama dengan Pak Prabowo sebagai presiden terpilih tentunya," kata Cak Imin.

Namun begitu, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid memperjelas pernyataan Cak Imin perihal arah dukungan dan sikap partai dalam kontestasi Pilkada DKI 2024.

"PKB sudah final bahwa untuk pilkada di DKI ini PKB bersama Gerindra, jadi tidak ada pembicaraan di luar itu. Jadi kita pastikan PKB bersama Gerindra dan siapa calon yang diusung kita semua juga mengetahui," ungkap Hasanuddin.

"Karena itu, apa pun pernyataan dari partai-partai lain terkait ke mana sikap PKB, saya pikir sudah jelas dan final, PKB bersama Gerindra di Pilkada DKI," sambungnya.

Namun begitu, hingga saat PKB belum menerima undangan terkait rencana pengumuman bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta dari KIM Plus, yang diketahui akan dilangsungkan pada Senin malam, 19 Agustus 2024.

"Ya kita tunggu undangan ya," kata Hasanuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.