Sukses

PKB Hadiri Deklarasi Dukungan Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta 2024

Sekjen PKB berharap, ketika Ridwan Kamil dan Suswono berhasil menjadi gubernur-wakil gubernur Jakarta dapat mewujudkan semangat gotong royong, tidak hanya antar partai politik namun juga masyarakat Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid turut menghadiri undangan deklarasi dukungan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil (RK)-Suswono. Dia mengaku turut berbahagia dapat bergabung dan mendukung kedua sosok tersebut.

"Kami merasa bergembira bisa membersamai 12 parpol ini (mendukung RK-Suswono)," tutur Hasanuddin di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dia berharap, ketika Ridwan Kamil dan Suswono berhasil menjadi gubernur-wakil gubernur Jakarta dapat mewujudkan semangat gotong royong, tidak hanya antar partai politik namun juga masyarakat Jakarta.

"Kita harus bersama-sama dengan mereka berkolaborasi mewujukan Jakarta baru Jakarta maju," jelas dia.

Lebih lanjut, tantangan Jakarta ke depan adalah tidak lagi menjadi ibu kota. Selain itu, penting untuk memelihara semangat tunduk kepada konstitusi.

"Kita berharap setelah terpilih dapat bersama-sama kita berpegangan tangan dengan kita memajukan Jakarta," Hasanuddin menandaskan.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan mendeklarasikan Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Keduanya pun tampak menunjukkan raut wajah semringah.

Pantauan Liputan6.com, Senin (19/8/2024), Ridwan Kamil alias RK tiba di Hotel Sultan, Jakarta, sekitar pukul 13.55WIB. Di hadapan awak media, dia meminta untuk bersabar menunggu pernyataan sambil terus tersenyum dan tertawa kecil.

Sementara itu, Suswono tiba di lokasi sekitar pukul 14.10 WIB. Dia juga tersenyum lebar saat ditanya awak media perihal wajahnya yang tampak cerah dan bahagia.

Sebelum keduanya datang, telah tiba lebih dulu sejumlah sekretaris jenderal (sekjen) partai, mulai dari Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Selain itu, tamu undangan beratribut partai pun tampak sudah datang, antara lain berpakaian PAN, PSI, Gelora, hingga PKB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golkar soal Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono: Kita Bukan Tuan Rumahnya

Sejumlah tamu undangan acara deklarasi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024 mulai tampak hadir di Hotel Sultan, Jakarta. Salah satunya Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus.

Di mana hari ini rencananya Ridwan Kamil akan dideklarasikan sebagai calon gubernur bersama Suswono sebagai pasangannya yang berasal dari PKS.

Ridwan Kamil diketahui sendiri merupakan kader dari Partai Golkar. Namun begitu, Lodewijk mengaku pihaknya hanyalah tamu undangan dalam acara tersebut.

"Kita kebetulan bukan tuan rumah, kita tamu yang on time," tutur Lodewijk di lokasi, Senin (19/8/2024).

Selain itu, dia juga menyatakan baru mengetahui kalau bakal calon wakil gubernur Jakarta yang diusung mendampingi Ridwan Kamil adalah Suswono dari PKS.

"Saya tidak tahu (permintaan Ridwan Kamil atau bukan). Karena baru tadi malam saya buka-buka, oh ternyata S ini adalah oh Pak Suswono, mantan Menteri Pertanian, ternyata kader PKS. Ya terus terang tadi malam baru tahu. Aku juga enggak mau ngira-ngira, teman-teman wartawan kan juga ada inisial S, kalau aku nggak bisa, L, beliau R, jadi belum masuk dalam radar," jelas dia.

Lebih lanjut, Lodewijk mengaku undangan kali ini berbentuk makan bersama Ridwan Kamil dan Suswono. Adapun tamu undangan adalah sejumlah sekjen partai, sementara untuk ketua umum masih belum diketahui.

"Saya belum tahu. Yang jelas kami, aku baru selesai rapat. Aku minta saya izin hadir ke sana. Terus berikutnya kita juga kan Munas besok. Kita rapat terakhir jam 13.30 ini. Nah yang pimpin Pak Agus Gumiwang. Aku pengen konfirmasi, Pak AGK yang hadir siapa. Terus terang kita belum tahu yang hadir siapa. Ketum hadir nggak," Lodewijk menandaskan.

3 dari 3 halaman

Profil Suswono, Politikus Senior PKS Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi memilih Suswono sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Nama Suswono sebelumnya mencuat setelah diungkapkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan pada Rabu 14 Agustus 2024.

"Ya ada yang sudah mengusulkan Suswono," kata Zulhas.

Sedangkan, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, pasangan Ridwal Kamil-Suswono akan diumumkan pada Senin 19 Agustus 2024. Nantinya, pasangan itu akan bertarung atau maju untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"(RK dan Suswono ini sudah disetujui semua) Iya dan akan diumumkan tanggal 19 Agustus," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2024.

Lalu siapa Suswono? Berikut profil singkatnya.

Dikutip dari merdeka.com, Suswono lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 20 April 1959. Dia adalah putra pasangan H. Asyraf dengan istrinya Hj. Suratni. Sejak kecil, Suswono terkenal sebagai anak yang pintar, sejumlah prestasi diperolehnya saat masa sekolah, di antaranya Suswono mendapatkan penghargaan sebagai pelajar teladan semasa SMA dan menjadi lulusan terbaik Sepadya pada tahun 1987.

Suswono merupakan lulusan Program S1 Sosial Ekonomi Peternakan IPB pada tahun 1984, selanjutnya dia meneruskan pendidikannya di Magister Manajemen Agribisnis dan Doktoral Manajemen Bisnis IPB.

Dia adalah salah satu tokoh pendiri Partai Keadilan atau PK yang menjadi cikal bakal Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Saat ini, Suswono menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS periode 2020-2025.

Dia mengawali karir politiknya dengan bergabung di PKS pada 2004. Suswono kemudian maju sebagai caleg dan maju ke bursa pemilihan umum. Dia akhirnya terpilih dan dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS yang membidangi masalah pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Suswono pernah menjadi Tenaga Ahli Menteri Kehutanan tahun 1999 hingga tahun 2001. Pada tahun 2009, ketika presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan reshuffle kabinetnya, Suswono terpilih untuk menggantikan Anton Apriyantono yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertanian. Bagi Suswono, dunia pertanian bukanlah sesuatu yang baru.

Sebagai nahkoda baru di Departemen Pertanian, Suswono menyatakan telah menetapkan visinya yaitu Pertanian Industrial Unggul Berkelanjutan yang Berbasis Sumber Daya Lokal untuk Meningkatkan Nilai Tambah, Daya Saing Ekspor dan Kesejahteraan Petani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini