Sukses

KIM Plus Siap Menangkan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024 Usai Deklarasi Dukungan

Koalisi Indonesia Maju Plus atau KIM Plus resmi deklarasi mendukung bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pemilihan Keplada Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024) Ridwan Kamil-Suswono.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju Plus atau KIM Plus resmi deklarasi mendukung bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pemilihan Keplada Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024) Ridwan Kamil-Suswono.

Ada sebanyak 12 partai yang diwakili para sekretaris jenderal (Sekjen) masing-masing dalam pembacaan deklarasi Ridwan Kamil-Suswono.

Pembacaan deklarasi sendiri dipimpin oleh Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang didampingi oleh perwakilan petinggi partai pendukung lainnya.

"Piagam pernyataan dukungan, dengan mengharap rahmat Allah subhanahuwata’ala, pada hari ini Senin, 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024," tutur Muzani di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Serta siap memenangkan pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029," sambungnya.

Usai pembacaan deklarasi, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pun turut naik ke atas panggung bersama Ridwan Kamil dan Suswono untuk memamerkan berkas resmi dukungan yang telah ditandatangani bersama.

Adapun petinggi partai yang mewakili dukungan Ridwan Kamil-Suswono adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Sekjen NasDem Hermawi Taslim.

Kemudian Sekjen PPP Arwani Thomafi, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Waketum Gelora Fahri Hamzah, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, dan Plt Sekjen Garuda Ihsan Jauhari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelang Deklarasi Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono Tampil Semringah

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan mendeklarasikan Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Keduanya pun tampak menunjukkan raut wajah semringah.

Pantauan Liputan6.com, Senin (19/8/2024), Ridwan Kamil alias RK tiba di Hotel Sultan, Jakarta, sekitar pukul 13.55 WIB. Di hadapan awak media, Ridwan Kamil meminta untuk bersabar menunggu pernyataan sambil terus tersenyum dan tertawa kecil.

Sementara itu, Suswono tiba di lokasi sekitar pukul 14.10 WIB. Dia juga tersenyum lebar saat ditanya awak media perihal wajahnya yang tampak cerah dan bahagia.

Sebelum keduanya datang, telah tiba lebih dulu sejumlah Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai, mulai dari Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Selain itu, tamu undangan beratribut partai pun tampak sudah datang, antara lain berpakaian PAN, PSI, Gelora, hingga PKB.

 

3 dari 4 halaman

KIM Plus Deklarasi Ridwan Kamil - Suswono di Pilkada Jakarta, Peluang PDIP Usung Anies Tertutup

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024) siang ini.

Deklarasi dukungan ini, sekaligus menyapu bersih parpol pendukung di Pilkada DKI Jakarta. Total ada lebih dari 10 parpol pendukung Ridwan Kamil-Suswono. Parpol-parpol pendukung tersebut yaitu, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat,NasDem, PKB, PKS, Perindo, PSI, dan PPP, Gelora, Garuda dan Partai Prima

Untuk PKS, PKB, dan NasDem yang sebelumnya mendukung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur Jakarta, kini telah bergabung ke Koalisi Indonesia Maju untuk mendukung Ridwan Kamil.

Dengan dukungan dari sembilan partai, Ridwan Kamil mengantongi total 90 kursi di DPRD DKI Jakarta. Sementara itu, hanya PDIP yang tidak ikut dalam gerbong pendukung Ridwan Kamil-Suswono.

PDIP sendiri hanya memiliki 15 kursi, dan tidak dapat mengusung calon sendiri karena tidak memenuhi ambang batas.

 

4 dari 4 halaman

Wacana Anies - Rano Karno di Pilkada Jakarta

Muncul wacana duet Anies Baswedan dan Ketua DPP PDIP Rano Karno untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Menanggapi wacana itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, duet tersebut hasil aspirasi yang disampaikan akar rumput PDI Perjuangan.

"Ya itu ada aspirasi misalnya dari akar rumput untuk Mas Anies dan Si Doel anak Betawi, Mas Rano Karno. Ya itu merupakan ekspresi dari arus bawah," kata Hasto usai Upacara HUT ke-79 RI di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu 17 Agustus 2024.

Menurut Hasto, PDIP terus melakukan pencermatan dalam rangka menindaklanjuti aspirasi akar rumput. Meski begitu, kata dia, ihwal Pilkada Jakarta 2024 masih menunggu arahan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputeri.

"Kami sebagai partai kan punya disiplin, sehingga kami menunggu keputusan dari ketua umum," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasto menyebut bahwa PDIP telah mengaktifkan mesin-mesin partai jelang Pilkada serentak 2024. PDIP mengelar berbagai pelatihan bagi tim kampanye hingga melaksanakan rapat koordinasi pemenangan.

"Partai terus bergerak, kami mengadakan pelatihan-pelatihan tim kampanye, pelatihan saksi, rapat koordinasi pemenangan bahkan sudah 2.500 lebih di seluruh Indonesia kader partai yang dilatih pemenangan. Itu cara-cara mengedepankan kekuatan gotong royong," jelasnya.

Oleh karenanya, PDIP bakal pergerakan rakyat dan suara arus bawah terkait aspirasi akar rumput yang menginginkan duet antara Anies-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024. "Ya nanti kita lihat pergerakan rakyat dan suara arus bawah serta suasana kebatinan itu kita cermati," jelas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.