Sukses

Hendrar Prihadi Dinilai Layak Buat Maju di Pilkada Jawa Tengah 2024

PDI Perjuangan (PDIP) hingga sekarang masih belum memutuskan untuk memajukan jagoannya di kandangnya sendiri, yaitu di Pilkada Jawa Tengah 2024. Padahal partai berlambang banteng bermoncong putih itu punya banyak kader mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan (PDIP) hingga sekarang masih belum memutuskan untuk memajukan jagoannya di kandangnya sendiri, yaitu di Pilkada Jawa Tengah 2024. Padahal partai berlambang banteng bermoncong putih itu punya banyak kader mumpuni.

Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah Putra menganggap sosok Politikus PDIP Hendrar Prihadi alias Hendi bisa dijagokan di Pilkada Jawa Tengah.

"Dari sisi ketokohan, tentu Hendrar Prihadi lebih memungkinkan, mengingat Hendrar sudah miliki kedekatan kultural sebagai masyarakat Jawa Tengah," kata dia, Senin (19/8/2024).

Dedi melihat, Hendi memiliki komunikasi yang lebih cair dan bisa diterima dengan mudah, yang diharapkan bisa diterima di kalangan pemilih di Jateng.

"Hendrar teruji loyalitasnya pada partai (PDIP), dan memang punya kapasitas sebagai kepala daerah," jelas dia.

Akan tetapi, Dedi mengkhawatirkan Hendi kalah dari segi kekuatan mesin politik yang dimiliki KIM.

"Dari sisi personal branding Hendrar lebih potensial dibanding Ahmad Luthfi, hanya saja dari sisi kekuatan mesin politik, jelas Ahmad Luthfi lebih kuat, terlebih jika disandingkan dengan Kaesang," ujarnya.

"Pertarungannya bukan lagi sekedar ke pemilih, melainkan juga soal jaminan profesionalisme penyelenggara," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dasco Gerindra Sebut Kaesang Pangarep Akan Maju Di Pilkada Jawa Tengah 2024

 Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIM) sepakat Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep akan maju Pilkada Jawa Tengah 2024.

 "Ya kira-kira begitu (Jateng)," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Menurut Dasco, Paslon untuk Pilkada Jawa Tengah 2024 sudah ada dan tinggal menunggu pengumuman saja.

"Untuk Pilkada Jateng sudah putus dan nanti juga akan diumumkan pada waktunya," ungkap dia.

Saat ditamya apakah pengumuman akan bersamaan dengan Pilkada Jakarta pada 19 Agustus 2024, Dasco enggan menjawabnya. 

 

3 dari 3 halaman

Jagoan PSI

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung Komisaris Jenderal Polisi Ahmad Luthfi menjadi Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah. Pengusungan Ahmad Lutfhi disahkan dalam acara pengumuman kader PSI yang akan bertarung dalam pilkada di beberapa daerah.

Saat pembawa acara mengumumkan siapa nama Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah yang akan diusung PSI, seketika semua kader yang hadir dalam acara tersebut bergemuruh.

Lampu di dalam Hall Kasablanka, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pun seketika mati. Dalam suasana gelap, para hadirin justru meneriakkan nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Para hadirin mengira sosok bakal calon gubernur Jawa Tengah itu adalah Kaesang Pangarep.

Ketika lampu menyala, Ahmad Luthfi langsung muncul mengenakan baju kemeja panjang berwarna putih disamping Kaesang Pangarep.

Keduanya lalu bersalaman sambil melakukan penyerahan surat rekomendasi untuk maju jadi bakal calon gubernur Jawa Tengah. Demikian dilansir dari Antara, Kamis (15/8/2024).

Ahmad Luthfi pun sempat ditanya oleh awak media ketika keluar dari hall acara tersebut. Ketika ditanya apakah Kaesang sosok wakil yang tepat untuk mendampinginya, dia pun merespons dengan jawaban yang normatif.

"Wakilnya kan belum ada ya, saya sama siapa saja cocok," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini