Sukses

Dasco: KIM Plus Usung Ahmad Lutfi-Kaesang di Pilkada Jateng

Hal ini disampaikan Dasco terkait keputusan Nasdem untuk mendukung Ahmad Lutfi-Kaesang di Pilgub Jateng.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan mengusung mantan Kapolda Jateng Komjen Ahmad Luthfi dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah 2024.

"Kita akan mengusung Pak Ahmad Luthfi dan Mas Kaesang," ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024) malam. 

Hal ini disampaikan Dasco terkait keputusan Nasdem untuk mendukung Ahmad Lutfi-Kaesang di Pilgub Jateng. 

"Kita dengan Nasdem sama sama, Nasdem itu kan masuk di KIM Plus sehingga apa yang dilakukan kawan kawan di NasDem sudah dikoordinasikan pada saat bang Surya Paloh bertemu pak Prabowo bertemu beberapa waktu yang lalu," kata Dasco.

"Dan kelihatannya KIM Plus akan bersama-sama mengikuti skema yang sudah kita sepakati termasuk dengan NasDem untuk mengusung calon di Jateng," sambungnya.

Diketahui, partai yang tergabung dalam KIM Plus diantaranya, Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, NasDem, PKS, PKB, PSI, PPP, Gelora, Garuda, dan Perindo.

KIM Plus sendiri sudah terbangun untuk pengusungan Ridwan Kamil dan Suswono di Pilgub Jakarta.

Sebagai informasi, NasDem telah memberikan rekomendasi kepada Ahmad Lutfhi-Kaesang di Pilgub Jateng. Namun, Kaesang belum memberikan keputusan resmi apakah akan maju di Jakarta atau Jawa Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSI Usung Ahmad Luthfi Jadi Bakal Cagub di Pilkada Jawa Tengah

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung Komisaris Jenderal Polisi Ahmad Luthfi menjadi Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah. Pengusungan Ahmad Lutfhi disahkan dalam acara pengumuman kader PSI yang akan bertarung dalam pilkada di beberapa daerah.

Saat pembawa acara mengumumkan siapa nama Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah yang akan diusung PSI, seketika semua kader yang hadir dalam acara tersebut bergemuruh.

Lampu di dalam Hall Kasablanka, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pun seketika mati. Dalam suasana gelap, para hadirin justru meneriakkan nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Para hadirin mengira sosok bakal calon gubernur Jawa Tengah itu adalah Kaesang Pangarep.

Ketika lampu menyala, Ahmad Luthfi langsung muncul mengenakan baju kemeja panjang berwarna putih disamping Kaesang Pangarep.

Keduanya lalu bersalaman sambil melakukan penyerahan surat rekomendasi untuk maju jadi bakal calon gubernur Jawa Tengah. Demikian dilansir dari Antara, Kamis (15/8/2024).

Ahmad Luthfi pun sempat ditanya oleh awak media ketika keluar dari hall acara tersebut. Ketika ditanya apakah Kaesang sosok wakil yang tepat untuk mendampinginya, dia pun merespons dengan jawaban yang normatif.

"Wakilnya kan belum ada ya, saya sama siapa saja cocok," kata dia.

3 dari 3 halaman

Golkar Akui Sudah Beri Surat Dukungan Kepada Ahmad Luthfi Maju Pilkada Jawa Tengah

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, partainya sudah sudah memberikan surat dukungan kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk di Pilkada Jawa Tengah.

"Kami sudah putuskan bahkan sudah kasih surat dukungan kepada Pak Ahmad Luthfi," kata Doli, saat konferensi pers di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (8/8/2024).

Perihal cawagub Ahmad Luthfi, Doli mengatakan, akan dibahas usai urusan Ahmad Luthfi di kepolisian selesai.

"Tinggal kan satu soal proses alih posisi Pak Luthfi dari kepolisian ke birokrasi, saya enggak tahu sudah selesai atau belum gitu ya. Dia masuk ke kementerian mana gitu nah kemudian nanti tinggal dibicarakan siapa yang jadi wakilnya," ujar dia.

Saat ditanya, apakah Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bakal dipasangkan dengan Ahmad Luthfi, Doli menyebut keputusan tersebut tergantung pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ya tergantung PSI dan tergantung pak Kaesangnya, kalau beliau mengusulkan kan sekarang masih belum putus, ada yang menyebutkan Jakarta, ada yang bisa di Jateng jadi itu tergantung nanti pada saat pembicaraan di level KIM apakah masing-masing parpol sudah mengusulkan nama kader atau pimpinannya masing-masing," imbuh Doli.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini