Sukses

Pengamat: Elektabilitas Tinggi, Airin Harus Didukung Golkar Maju di Pilkada Banten 2024

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dinilai masih berpeluang untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Banten 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dinilai masih berpeluang untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Banten 2024. Hal itu terlihat dari dukungan yang kuat dari kader Golkar dan masyarakat Banten.

Pengamat Politik Hudjolly menilai, Airin memiliki pengaruh elektoral yang kuat di Banten. Selain sebagai mantan Wali Kota Tangsel dua periode, kata Hudjolly, Airin juga sudah dikenal oleh banyak masyarakat Banten.

"Dukungan terhadap Airin di Pilkada banyak disampaikan oleh berbagai kalangan, hasil survei Lembaga Survei Indonesia, elektabilitas atau tingkat keterpilihan Airin Rachmi Diany mencapai 77,3 persen. Itu menunjukkan masyarakat Banten menginginkan Airin jadi gubernurnya," ujar Hudjolly mellaui keterangan tertulis, Selasa (20/8/2024).

Selain itu, ia menilai Airin Rachmi Diany merupakan kader Golkar yang menonjol. Hudjolly mengatakan, prestasi Airin saat menjadi Wali Kota Tangsel dua periode diakui publik, bahkan saat pemilu legislatif kemarin Airin memperoleh total suara sejumlah 302.878.

"Mencetak rekor sebagai calon anggota DPR RI dengan perolehan suara terbanyak di internal Partai Golkar secara nasional," ucap dia.

Hudjolly menambahkan, Partai Golkar di Banten cukup solid untuk memenangkan Airin di Pilkada 2024. Dia menilai, para kader Golkar satu suara mendukung Airin, mesin Golkar di Banten sudah matang untuk memenangkan.

Menurut Hudjolly, kekuatan yang dimiliki Airin itu seharusnya menjadi pertimbangan yang kuat bagi DPP Golkar untuk mengusung Airin di Pilkada Banten.

Apalagi, kata dia, Partai Golkar sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Airin untuk maju di Pilkada Banten.

"Ini ujian bagi golkar, mengukur kredibilitas Golkar dalam memupuk kader yang potensial. Saya percaya Golkar bukan partai kartel tapi memang sungguh-sungguh partai kader yang konsisten," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinilai Sebagai Sosok Cerdas dan Bijaksana

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Banten Jaka Ruseno menilai, Airin merupakan tokoh yang paripurna untuk memimpin Banten.

"Bu Airin ini sosok yang cerdas dan bijaksana, saya rasa beliau sosok pemimpin yang dibutuhkan Banten," kata dia.

Jaka menilai, Airin mengetahui persoalan apa saja yang harus diselesaikan di Banten. Karena selama ini sering terjun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Beliau (Airin) sudah sering mendengar apa yang diinginkan masyarakat, jadi ya jika nanti jadi gubernur sudah paham persoalan apa saja yang harus diselesaikan di Banten," terang dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyatakan, Partai Golkar masih mempertimbangkan untuk mengusung Airin di Pilkada Banten. Namun pihaknya sebelumnya sudah menyerahkan Surat Keputusan Rekomendasi untuk Airin.

"Dengan demikian, Airin berpeluang untuk diusung Golkar di Pilkada Banten. Golkar baru mengeluarkan SKep. Kita lihat perkembangannya," jelas Lodewijk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.