Sukses

Survei Alvara Strategi Indonesia: Airin Rachmi Diany Raih Elektabilitas Tertinggi Jelang Pilkada Banten 2024

Berdasakan hasil survei, Airin Rachmi Diany menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi dengan 46,8% sebagai Bakal Calon Gubernur, dikuti dengan Arief R Wismansyah dengan 24,1%.

Liputan6.com, Jakarta - Empat hari jelang waktu pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Selasa 27 Agustus 2024, Lembaga Survei Alvara Strategi Indonesia merilis hasil survei terkini terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Berdasakan hasil survei, Airin Rachmi Diany menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi dengan 46,8% sebagai Bakal Calon Gubernur, dikuti dengan Arief R Wismansyah dengan 24,1%.

"Lalu Rano Karno di posisi ketiga dengan elektabilitas 8,7% dan Andra Soni di posisi keempat dengan elektabilitas 6,4%," ujar Chief Research Officer Alvara Strategi Indonesia Harry Nugroho, melalui keterangan tertulis, Jumat (23/8/2024).

Kemudian, lanjut dia, Achmad Dimyati Natakusumah 3,1%, Iti Jayabaya 3,1%, Ade Sumardi 0,4%, dan Ari Untung 0,1%. Sedangkan responden yang belum menentukan ada sebanyak 7,3%.

Menurut Harry, Alvara Strategi Indonesia juga melakukan survei Pilkada Banten 2024 pasangan bakal cagub dan cawagub Banten, antara Airin berpasangan dengan Arief dan Andra berpasangan dengan Dimyati.

"Hasilnya pasangan Airin-Arief unggul dengan 72,4 persen, sementara Andra-Dimyati memperoleh elektabilitas 11,3 persen," terang dia.

Harry mengatakan, berdasarkan survei bakal calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany memiliki elektabilitas tertinggi hampir di semua daerah, kecuali di Kota Tangerang yang menempatkan Arief R Wismansyah sebagai juara.

"Sementara itu, Arief R Wismansyah merupakan tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi sebesar 28,9% sebagai bakal calon wakil gubernur, diikuti oleh Airin dengan 18,3%, sementara Ade Sumardi memiliki elektabilitas 2,3% persen sebagai bakal calon wakil gubernur," papar Harry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simulasi Lainnya

Harry menjelaskan, setelah dilakukan simulasi pasangan bakal calon Gubernur Banten Airin berpasangan dengan Arief menghadapi Andra Sony-Dimyati Natakusumah, elektabilitas tertinggi diraih Airin-Arief dengan elektabilitas 72,4%, sementara Andra-Dimyati 11,3%.

"Sementara saat simulasi Airin dipasangkan dengan Ade Sumardi menghadapi Andra Soni-Dimyati Natakusumah, elektabilitas tertinggi diraih pasangan Airin-Ade dengan elektabilitas 58,3%, sementara Andra-Dimyati 14,1%," kata dia.

Menurut Harry, survei digelar pada 13-19 Agustus 2024 dengan melibatkan 815 responden. Survei menggunakan metode kuantitatif. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun margin of error survei +/- 3,43%.

"Secara umum riset ini bertujuan untuk mengukur dan memetakan aspirasi masyarakat Banten terhadap pilkada Gubernur Banten 2024," jelas dia.

Riset tersebut, menurut Harry, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui telesurvei dan wawancara tatap muka kepada 815 responden yang tersebar di 8 Kabupaten/kota di Provinsi Banten.

"Sejauh ini, seluruh kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten telah melakukan sosialisasi hampir dj semua wilayah Banten," kata dia.

"Ketua DPD PDI Perjuangan Ade Sumardi yang terbilang aktif memasang baliho dan melakukan pertemuan warga masih sulit mendongkrak elektabilitasnya. Hanya Airin dan Arief yang sementara ini menjadi kandidat paling berhasil mengambil hati warga dengan elektabilitas tertinggi," jelas Harry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.