Sukses

Zulhas: Pilkada Jakarta Solid RK-Suswono, Kecuali PKS Berubah Pikiran

Menurut Zulhas, keputusan KIM Plus mendukung Ridwan Kamil sudah final.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus solid di Pilkada Jakarta. Namun, menurut Zulhas, kesolidan itu bergantung apakah PKS mundur dari KIM Plus dan mengusung calon sendiri.

“Bukan solid, kokoh, plus plus kokoh. Jakarta itu RK-Suswono, kecuali PKS berubah ya, kan dia cukup usung sendiri, kalau kita (PAN) tetap,” kata Zulhas di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Menurut Zulhas, keputusan KIM Plus mendukung Ridwan Kamil sudah final. “Kalau kami putus, memang  RK,”kata dia. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra  Sufmi Dasco menyatakan keputusan MK terkait Pilkada tak pengaruhi kerjasama Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilkada termasuk Pilkada Jakarta.

“Insya Allah solid, insya allah Kami sudah melakukan koordinasi, tidak ada masalah dengan keputusan MK,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Dasco mengaku siapa pun lawan Ridwan Kamil di Jakarta tidak ada masalah, termasuk Anies Baswedan atau kotak kosong. 

“Ketika melawan kotak kosong itu kan justru syaratnya lebih tinggi 50+1, kalau calonnya ada 3 itu kan persyaratannya tidak terlalu berat, jadi kami sudah siap sebenernya,” kata dia.

Sementara terkait peluang Anies diusung PDIP, Dasco menyebut hal itu adalah hak demokrasi untuk maju Pilkada. “Ya namanya demokrasi, kontestasi di pilkada ya engak apa-apa?” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Tegaskan Tak Akan Dukung Anies

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan tidak akan mengambil langkah mundur dalam menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pilkada 2024. PKS tetap pada Surat Keputusan (SK) terbaru yakni mengusung duet Ridwan Kamil dan Suswono.

“Sudah selesai urusan, dalam politik enggak ada mundur ke belakang, sudah selesai,” ujarnya Sekjen PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi di Tangerang, Selasa (20/8/2024).

PKS juga menyatakan siap mengikuti putusan tersebut. Dia menyatakan putusan ini akan mmbuat peta politik Pilkada berubah. 

“MK ini kita percayakan sebagai MK, sudah ada keputusan, ya ikutilah. Tinggal Peraturan KPU-nya, besok dan pastinya akan terjadi sebuah perubahan yang luas dengan pencalonan dalam waktu beberapa hari ini,” ujar 

Aboe Bakar mengambil contoh, peta Pilkada di Sulawesi Tengah dan beberapa tempat lainnya juga bisa berubah. Meski begitu, dia mengaku belum mengetahui pasti perubahan seperti apa peta politik Pilkada Serentak 2024 yang pendaftarannya tinggal menghitung hari tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.