Sukses

KIM Plus Disebut Solid Dukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) Dave Akbarshah Fikarno atau akrab disapa Dave Laksono mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sangat solid di Pilkada Jakarta 2024, di mana mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) Dave Akbarshah Fikarno atau akrab disapa Dave Laksono mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sangat solid di Pilkada Jakarta 2024, di mana mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

"Sangat solid, semakin solid, sudah selesai dinamika yang lalu, tidak ada masalah. Kita bagaimana merebut kemenangan yang besar, melayani masyarakat," kata Dave di Kantor DPD Partai Golkar Jakarta, Sabtu (24/8/2024).

Anggota Komisi I DPR RI ini memastikan, tidak akan ada partai yang keluar dari KIM Plus. Karena memang mereka dipastikan solid mendukung Ridwan Kamil-Suswono.

Selain itu, untuk memenangkan pasangan tersebut, nantinya Kantor DPD Golkar Jakarta ini akan dipakai sebagai markas pemenangan.

"Ya, kita tawarkan (jadi markas pemenangan), sudah ditambah dan sudah disetujui bahwa pemenangan akan dimanfaatkan di kantor ini," jelas Dave.

Sementara, Ridwan Kamil menuturkan, kehadirannya ke DPD Golkar Jakarta bersama Suswono untuk melakukan konsolidasi.

"Konsolidasi tepatnya partai pengusung sampai menjelang pendaftaran," kata Ridwan Kamil.

Untuk pendaftaran nanti, mantan Gubernur Jawa Barat ini akan mendaftarkan sebagai Cagub-Cawagub Jakarta pada 28 Agustus 2024.

"Pendaftaran kemungkinan tanggal 28. Jadi dipilih jamnya yang tidak bikin macet. Tidak di pagi, soalnya kita ke tengah," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agar Lebih Akrab

Dave Laksono menjelaskan, kedatangan Ridwan Kamil dan Suswono ini untuk pengenalan lebih akrab dengan kader Golkar Jakarta.

"Ya pembahasan yang kita sudah fix, akan mencalankan Pak RK dan Pak Suswono, sudah kita deklarasikan, dan sekarang ini adalah untuk pengenalan yang lebih akrab dengan kader Golkar DKI," ujar Dave.

Selain itu juga agar para kader partai yang dipimpin oleh Bahlil Lahadalia ini bisa tahu program apa yang ditawarkan oleh pasangan tersebut.

"Agar lebih paham, baik yang fraksi, ataupun yang kader-kader Golkar DKI, ormas, semuanya, tahu perancangan kejadian bagaimana, target-targetnya seperti apa, programnya yang ditawarkan yang ditawarkan ke masyarakat itu apa saja itu semua sudah dijabarkan," jelasnya.

"Walaupun singkat, akan tapi tepat dan padat, kita yakini bahwa seluruh elemen kader Golkar bisa mencapai kemenangan yang mutlak untuk Kang Emil," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

PAN Beri Sinyal PKS Berubah Haluan di Pilkada Jakarta, KIM Plus Goyah?

etua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, mengeklaim Koalisi Indoensia Maju (KIM) Plus solid mengusung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Namun, politikus yang akrab disapa Zulhas mengaku tak yakin apakah sikap PKS akan berubah atau tidak. "Bukan solid, kokoh, plus plus kokoh. Jakarta itu RK-Suswono, kecuali PKS berubah ya," kata Zulhas di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2024.

Menurut Zulhas, usai putusan Mahkamah Konstitusi terkait Undang-Undang Pilkada, PKS kini bisa mengusung kader sendiri di Jakarta, sehingga ada peluang sikapnya berubah. "Kan dia cukup usung sendiri, kalau kita (KIM) tetap," kata Zulhas.

Zulhas menegaskan keputusan KIM Plus mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta sudah final. "Kalau kami putus, memang saya RK," ucap Zulhas.

 

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.