Sukses

Airin Diusung PDIP, Waketum Golkar Sebut Belum Umumkan Jagoan Pilkada Banten

Doli menegaskan, Golkar akan mengusung nama-nama yang maju Pilkada 2024 sesuai dengan hasil komunikasi dengan KIM. Termasuk membahas soal kemungkinan membiarkan Airin maju diusung PDIP dan memilih calon lain mengikuti KIM.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Banten mengusung kader Golkar Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Sementara itu, Partai Golkar belum menentukan sosok yang akan didukung di Pilkada Banten 2024, meski nama Airin telah sering disebut-sebut oleh mantan Ketum Airlangga Hartarto.

"Iya memang belum, nanti hari ini Pak Bahlil sebagai ketum dan sudah ada jajaran pengurusnya yang sembilan orang itu, saya dapat informasinya nanti jam 14.00 ini akan mengumunkan nama-nama resmi yang akan diusung Partai Golkar," tutur Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Komplek DPR RI, Jakarta, Minggu (25/8/2024).

Doli menegaskan, Golkar akan mengusung nama-nama yang maju Pilkada 2024 sesuai dengan hasil komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Termasuk membahas soal kemungkinan membiarkan Airin maju diusung PDIP dan memilih calon lain mengikuti KIM.

"Saya kira nanti pembicaraannya (dukungan ke Airin) itu antara Ketua Umum yang baru Pak Bahlil dengan ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju," jelas dia.

Doli tidak menegaskan lebih jauh kewajiban Airin untuk patuh dengan Golkar sebagai kader partai. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan arah dukungan kepada Ketum Golkar Bahlil Lahadalia.

"Saya kira Pak Bahlil sebagai ketua umum akan bisa menyelesaikan ya, akan bisa mengharmonisasi keputusan-keputusan yang terlibat dengan pencalonan, termasuk soal Ibu Airin dan daerah-daerah lain," Doli menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Dukung Duet Airin - Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat menyatakan, pihaknya akan mendukung Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi untuk maju menjadi cawagub dari politikus Partai Golkar Airin Rachmi Diany di Pilkada Banten.

"Kan sudah, betul (Airin). Kalau untuk Banten, kalau enggak salah, Pak Ade ya, Ade Ketua DPD Banten," ujar Djarot di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Djarot mengaku pihaknya tak takut dengan calon dari koalisi besar seperti  Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah.

"Biarin aja tadi loh, gajah sama semut menang mana? Gitu aja kok repot," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.