Sukses

Tidak Ada Pengumuman Dukung Anies Baswedan-Rano Karno di Markas PDIP Hari Ini

PDIP telah mengumumkan sejumlah nama calon kepala daerah untuk diusung maju di Pilkada 2024. Namun tidak ada nama Anies Baswedan-Rano Karno yang disebut-sebut bakal diusung PDI Perjuangan di Pilgub Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar deklarasi dukungan untuk calon kepala daerah Pilkada 2024. Namun begitu, tidak ada pengumuman mengusung Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, Senin (26/8/2024), Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sendiri menuntaskan pengumuman enam pasangan calon kepala daerah untuk enam provinsi, tanpa menyebut Anies Baswedan atau pun Rano Karno yang digadang-gadang sebagai wakil di Pilkada Jakarta.

Adapun daftar bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi didukung PDIP pada pengumuman gelombang ketiga ini adalah sebagai berikut:

  1. Pilkada Banten, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi
  2. Pilkada Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi 
  3. Pilkada Gorontalo, Hamzah Isa-Abdurrahman Abubakar Bahmid
  4. Pilkada NTT, Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto 
  5. Pilkada Kalimantan Utara, Andi Sulaiman-Andri Partono 
  6. Pilkada Sulawesi Utara, Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh.

Selain itu, baik Anies Baswedan mapun Rano Karno juga tidak nampak berada di dalam ruangan deklarasi di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Pamitan dengan Ibunya

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jakarta Anies Baswedan berpamitan dengan ibundanya Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (26/8/2024). Tampak Anies mengenakan kemeja batik tenun merah dalam momen itu.

Sumber Liputan6.com menyebut, momen itu merupakan bagian dari persiapan Anies jelang dideklarasikan sebagai bakal cagub Jakarta oleh DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Dalam momen itu, Anies bersama istrinya Ferry Farhati tampak meminta doa kepada sang ibunda.

"Anies berangkat dulu ya, mohon doa restunya semoga dilancarkan hari ini," kata Anies.

Sang ibunda, Aliyah juga langsung menengadahkan tangan dan berdoa agar Anies diberi kelancaran dalam menjalankan semua amanah ke depan.

"Insyaallah Anies dimudahkan dalam mengemban amanah apapun, semoga selalu diiringi dan diberikan pertolongan Allah SWT," kata ibunda Anies.

 

3 dari 3 halaman

Anies Dikabarkan Bakal Diusung PDIP

Diketahui, DPP PDI Perjuangan bakal mengumumkan para bakal calon kepala daerah yang bakal diusung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 Senin (26/8/2024).

Salah satu yang akan diumumkan yaitu cagub-cawagub Jakarta, PDIP dikabarkan telah menetapkan pilihannya, yaitu Anies Baswedan untuk diusung di Pilkada Jakarta.

Sumber Liputan6.com di internal PDIP mengatakan, Anies bakal mendatangi lebih dulu kantor PDIP sekitar satu jam lebih awal dari acara deklarasi paslon kepala daerah.

"Pak Anies akan datang sekitar jam 11-an siang ini. Sebelum acara dimulai," ujar sumber tersebut.

Anies juga tidak akan ditetapkan sebagai kader PDIP. Hanya saja dia akan dipasangkan oleh kader PDIP.

"Beliau tidak akan dikaderkan," ucapnya.

Selain diusung PDIP, sejumlah parpol yang memberikan dukungan untuk Anies yaitu Partai Hanura, Partai ummat, dan Partai Buruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini