Sukses

Gelora Resmi Dukung Airin-Ade Sumardi, Disebut Pasangan yang Punya Segudang Prestasi

Usai mendapat dukungan dari PDIP dan Golkar, pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi juga mendapat dukungan dari Partai Gelora untuk maju di Pilkada Banten 2024.

Liputan6.com, Jakarta Usai mendapat dukungan dari PDIP dan Golkar, pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi juga mendapat dukungan dari Partai Gelora untuk maju di Pilkada Banten 2024.

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta bersama Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah sudah menyerahkan Surat Keputusaan (SK) B1KWK kepada Airin pada Minggu 25 Agustus 2024.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Banten Junaidi Fajri mengatakan, rekomendasi tersebut diberikan lantaran elektabilitas Airin yang unggul di masyarakat Banten menjadi salah satu faktor utama yang mendorong Partai Gelora memberikan dukungan penuh.

Selain itu, prestasi gemilang yang telah diraih Airin selama menjabat Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Ade Sumardi selama menjadi Wakil Bupati Lebak juga semakin mengukuhkan keduanya sebagai sosok yang kapabel dan layak memimpin Provinsi Banten.

"Dukungan terhadap Ibu Airin dan Pak Ade semakin menguat dengan adanya banyak dukungan dari masyarakat Banten. Mereka meyakini bahwa Airin-Ade adalah sosok yang tepat untuk membawa Banten lebih sejahtera," kata Junaidi, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/8/2024).

Sebelumnya, Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024, Selasa (27/8/2024). Dengan ini, Partai Golkar resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilgub Banten 2024.

"Hari ini Partai Golkar menyerahkan B1-KWK kepada pasangan calon gubernur Banten yaitu Bu Airin dan pasangannya, Pak Ade. Semoga calon ini membawa perubahan untuk Banten," kata Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putar Haluan, Partai Golkar Kini Resmi Dukung Airin-Ade di Pilgub Banten 2024

Bahlil menegaskan dukungan yang diberikan tersebut bukan karena terpengaruh PDIP yang memberikan dukungannya terlebih kepada Airin-Ade. Dia juga menyebut telah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait dukungan kepada Airin-Ade.

"Saya juga menyampaikan pasangannya ini (Ade) dari PDIP. Ini menunjukkan Golkar sangat terbuka inklusif, tidak pernah beda-bedakan calon dari manapun," ujar Bahlil.

Menurut dia, Airin merupakan salah satu kader terbaik Partai Golkar. Untuk itulah, Bahlil merasa sayang apabila partainya tidak ikut mengusung Airin di Pilkada Banten 2024.

"Kalau barang bagus pasti banyak minat. Saking bagusnya ada yang minta," ucap Airin.

Padahal, sebelumnya Partai Golkar sudah bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024. Namun, kini Partai Golkar memilih tidak satu jalan bersama KIM di Pilgub Banten 2024.

3 dari 3 halaman

Golkar Mendadak Usung Airin di Pilgub Banten, Bahlil Bantah karena Pidato Megawati

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia membantah alasan partainya mengubah dukungan ke Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten karena pidato Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Padahal, sebelumnya Partai Golkar sudah bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024.

Bahlil menegaskan bahwa Golkar merupakan partai independen yang tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti itu.

"Oh enggak ada dengan pidato si A, B, C. Partai Golkar ini independen, tidak akan bisa dipengaruhi oleh pidato si A, B, C. Justru Golkar harus memengaruhi tentang isu-isu politik kebangsaan," ujar Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil menjelaskan bahwa keputusan Partai Golkar mengsung Airin-Ade di Pilgub Banten 2024 sudah melalui proses panjang. Bahlil menyampaikam partainya juga telah melakukan kajian politik mendalam dan komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Jadi keputusan Golkar ini semata-mata adalah sebuah keputusan kajian politik mendalam, dan sudah tentu namanya politik ada komunikasi politik. Dengan KIM kita melakukan komunikasi jadi sekali lagi ini semua terjadi karena komunikasi politik yang baik," kata Bahlil Lahadalia.

"Dan seorang pemain politik harus mempunyai kemampuan lobby bersama. Jadi sekali lagi, tidak ada pidato si A, B, C," sambung Bahlil.

Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024, Selasa (27/8/2024). Dengan ini, Partai Golkar resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilgub Banten 2024.

 

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.