Sukses

Putuskan Usung Airin, Langkah Bahlil Disebut Cegah Gejolak di Golkar

Partai Golkar memilih jalan yang berbeda dengan koalisi Indonesia Maju (KIM), usai resmi mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024. Padahal, KIM sepakat mendukung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024.

Liputan6.com, Jakarta Partai Golkar memilih jalan yang berbeda dengan koalisi Indonesia Maju (KIM), usai resmi mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024. Di mana, KIM telah memilih pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024.

Pengamat politik Abubakar Solissa atau AB Solissa, mengapresiasi keputusan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang mengusung Airin. Pasalnya, ini disebut meredam gejolak partai berlambang pohon beringin ini melebar.

"Ketum Bahlil mampu menunjukkan kemampuan komunikasi politiknya di injury time. Selain tetap menunjukkan soliditas di internal KIM, tapi Bahlil juga tetap mempertimbangkan aspirasi kader dari internal partai yang menginginkan Airin tetap didukung oleh Golkar," kata dia, Selasa (27/8/2024).

AB Solissa menyatakan bahwa keputusan politik Bahlil di saat-saat genting menjelang pendaftaran ke KPU ini menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan teruji. Di mana akhirnya, memperjuangkan kader internal, menjaga marwah partai, serta mampu memengaruhi konstelasi politik nasional.

"Keputusan Bahlil dalam mendukung Airin di Pilgub Banten menunjukkan bahwa ia punya kemampuan leadership yang kuat dan teruji di saat-saat genting seperti ini. Tidak semua pemimpin partai mampu membuat kejutan di last minute seperti yang dilakukan Bahlil," tutur dia.

Di sisi lain, dukungan Bahlil kepada Airin juga tidak lepas dari pertimbangan rasional dari beberapa hasil survei yang menunjukkan bahwa dukungan terhadap Airin dari masyarakat sangat tinggi.

"Kalau kita baca beberapa temuan survei, hampir semuanya menempatkan Airin di peringkat pertama sebagai cagub dengan elektabilitas tertinggi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahlil Sudah Komunikasi ke KIM

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa politik sangat dinamis. Dia mengaku hubungan partainya dengan KIM tetap baik-baik saja, meski berbeda pilihan di Pilgub Banten 2024.

"Saya ingin menyampaikan bahwa politik itu kan dinamis. Dan politik itu selalu ada komunikasi. Sebelum berakhir, itu biasanya selalu ada dinamika. Dan Koalisi Indonesia Maju, partai-partai sangat kompak semua. Dan hubungan kita baik-baik saja," ujar Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil mengaku telah berkomunikasi dengan partai-partai KIM terkait arah dukungan Partai Golkar di Pilgub Banten 2024. Bahlil Lahadalia meyakini Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengedepankan kemajuan bangsa.

"Sampai dengan hari malam, saya sebagai ketua umum partai berkewajiban untuk mengomunikasikan ini semuanya. Semua dalam rangka kebersamaan. Dan saya pikir Pak Prabowo maupun Pak Dasco seorang tokoh besar di bangsa ini, dan ingin mengedepankan adalah kemajuan bangsa," kata Bahlil.

 

3 dari 3 halaman

Hal Biasa

Bahlil menyebut perbedaan pilihan dalam politik merupakan hal biasa. Menurut dia, pengalihan dukungan dalam pilkada bukan hal baru di politik sehingga tidak perlu dipersoalkan.

"Kami merasa bahwa mendukung pasangan A atau pasangan B di satu partai itu sampai dengan sekarang berdinamika terus. Ada juga partai A sudah melakukan rekomendasi ke si A, besok dibatalkan lagi. Dan itu terjadi sejak pemilukada langsung. Jadi ini bukan barang baru. Tetapi semuanya itu harus dilakukan dengan baik," tutur dia.

"Dan saya pikir enggak ada persoalan, dan itu enggak perlu dipertentangkan. Yang penting adalah bagaimana kita menatap masa depan untuk kebaikan negara yang lebih baik, tapi juga khususnya untuk Provinsi Banten," sambung Bahlil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.