Sukses

Pramono Anung Izin ke Jokowi Maju Pilkada Jakarta, Malah Ditantang Kampanye di 12 Titik Sehari

Pramono mengatakan, dirinya berkonsultasi sepulang Jokowi dari Lampung. Ketika Jokowi mengetahui Pramono Anung mendapat tugas untuk menjadi calon gubernur Jakarta, ia sempat tertawa.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta dari PDIP Pramono Anung sempat minta restu kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju di Pilkada Jakarta. 

Jokowi pun, kata Pramono memberi izin bahkan sempat menantangnya untuk berkampanye di 12 titik dalam sehari.

"Saya kemarin di-challenge sama bapak Presiden bisa nggak sehari 12 titik. Saya bilang, Pak saya akan buktikan, mungkin lebih dari itu," kata Pramono di kediaman pribadinya, Cipete, Jakarta Selatan pada Rabu, (28/8/2024).

Pramono mengatakan, dirinya berkonsultasi sepulang Jokowi dari Lampung. Ketika Jokowi mengetahui Pramono Anung mendapat tugas untuk menjadi calon gubernur Jakarta, ia sempat tertawa.

"Beliau (Jokowi) tertawa terbahak-bahak," ujar Pramono.

Pramono mengatakan, Jokowi kemudian meminta Pramono tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Menurut dia, tidak semua orang diberi mandat untuk dicalonkan menjadi kepala daerah.

"Beliau bilang begini, ‘mas, maju’. Karena kalau berdua kadang-kadang beliau memanggil mas. Mas maju, ini tidak semua orang diberikan amanah seperti itu. Pak saya minta izin, bapak izinkan? Saya izinkan," ucap dia.

Pramono mengungkapkan, selain Jokowi ada pula ketua umum partai yang mengarahkan dukungan kepada dirinya dan Rano Karno. Namun, Pramono enggan menyebutkan nama ketum partai secara gamblang.

"Jadi inilah yang saya komunikasikan dan terus terang teman-teman tahu saya sama semua menteri berhubungan sangat baik bahkan beberapa ketum partai sudah menyampaikan ke saya, nggak sebut, "Mas walaupun saya dukung yang lain, udah untuk Jakarta saya pasti ke Mas," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berpakaian Adat Betawi, Pramono Anung Daftar ke KPU Jakarta Pagi Ini

Bakal pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur, Pramono Anung dan Rano Karno akan bertandang ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta pada hari ini, Rabu (28/8/2024). 

Pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan dijadwalkan mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta.Pantauan Liputan6.com,  terlihat Pramono Anung mengenakan pakaian adat betawi. Kepada awak media, dia mengungkapkan, alasan mengenakan Beskap Abang. 

"Kenapa saya pakai-pakaian ini? Karena ini Jakarta," kata dia di kediaman pribadi, Cipete Jakarta Selatan, pada Rabu pagi.

Dia mengatakan, Pramon 

"Saya memberikan penghargaan bahwa saya berpakaian seperti ini ingin menunjukkan saya akan mengetuk pintu untuk semua hati yang ada di Jakarta bahwa saya, mudah-mudahan diberikan mandat dan restu untuk bisa berkontribusi di Jakarta ini," ucap dia.

Pantauan di lapangan, Pramono bersama rombongan meninggalkan kediaman pribadi pada pukul 09:16 WIB. 

Rencananya, dia akan bertemu dengan Rano Karno di DPP PDI Perjuangan. Selanjutnya, sama-sama menuju ke Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta.

3 dari 3 halaman

Pramono Mengaku Tidak Berharap Jadi Cagub Jakarta

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku tidak menduga dan tidak berharap akan mendapat penugasan dari PDI Perjuangan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Pramono dalam unggahan foto dirinya bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di akun instagramnya.

"Saya tidak menduga, tidak meminta, dan tidak pernah berharap," tulis Pramono Anung di instagram resminya @pramonoanungw pada Rabu (28/8/2024)

Pramono juga menuliskan bahwa dia siap berkerja dan berusaha sungguh-sungguh menjalankan Amanah yang sudah dipercayakan.

"Tetapi ketika sudah menjadi keputusan, akan berusaha dengan sungguh-sungguh, dan bekerja keras untuk menjalankan amanah," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini