Sukses

Batal Diusung PDIP Maju Pilgub Jakarta, Begini Aktivitas Anies Hari Ini

Peluang Anies Baswedan diusung PDIP maju di Pilgub Jakarta tertutup setelah Megawati Soekarnoputri lebih memilih memberi mandat kepada kader internalnya, yakni Pramono Anung dan Rano Karno. Lantas apa kabar Anies hari ini?

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan batal diusung PDI Perjuangan (PDIP) maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Padahal Anies sejak beberapa hari lalu santer bakal diusung PDIP berpasangan dengan Rano Karno.

Tanpa pengumuman resmi, PDIP justru mendaftarkan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung  dan Rano Karno ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk maju Pilgub Jakarta 2024. Dengan begitu, praktis pintu dukungan PDIP tertutup untuk Anies di Jakarta.

Hari ini saja, Rabu (28/8/2024) terdapat dua bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jakarta yang mendaftar ke KPU, yakni Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono. Pendaftaran bakal kandidat Pilgub Jakarta ini masih dibuka hingga besok Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB.

Lantas apa aktivitas Anies Baswedan hari ini?

 

Juru bicara Anies Baswedan, Iwan Tarigan mengatakan, saat ini mantan Gubernur Jakarta tersebut sedang tidak ada di kediamannya. Anies dikabarkan tengah melakukan sejumlah pertemuan.

"Kegiatan Pak Anies hari ini bertemu dengan kolega-koleganya," kata Iwan saat dihubungi merdeka.com, Rabu (28/8/2024).

Pertemuan tersebut berlangsung di Jakarta. Namun ketika ditanya apakah ada agenda Anies bertemu dengan partai politik, Iwan menjawab, saat ini belum ada.

"Yang jelas Pak Anies belum daftar ke KPU, karena belum ada partai pengusung yang memenuhi syarat," ucap Iwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Cerah Sebentar dengan PDIP

Nama Anies memang santer digadang-gadang akan diusung PDIP maju Pilgub Jakarta pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) belum lama ini. Anies juga sempat mengutip pernyataan Bung Karno melalui akun X-nya.

"Jangan putus asa dan jangan pernah menyerah untuk Indonesia. Kata Bung Karno: Tetaplah bersemangat elang rajawali!"

Kutipan itu ditulisnya tepat setelah MK mengeluarkan keputusan nomor 60 perihal partai politik bisa secara mandiri atau berkelompok mengusung calon kepala daerah tanpa harus memerhatikan peroleh kursi di DPRD.

Anies pun memberanikan diri untuk sowan ke DPD PDIP Jakarta pada Sabtu (24/8/2024) lalu. Kedatangannya seakan mengisyaratkan bahwa hubungannya dengan PDIP akan cerah.

Bahkan Anies sempat mengunggah foto bareng dengan Rano Karno di markas partai banteng.

Namun hubungan cerah itu pada akhirnya kembali redup. Titah Megawati Soekarnoputri lebih memilih kadernya Pramono Anung bersanding dengan Rano Karno di Pilkada DKI Jakarta.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.