Sukses

20 Dokter Spesialis Disiapkan untuk Cek Kesehatan Bakal Calon di Pilkada Tangerang 2024

Direktur Utama RSUP Sitanala dr Afrizal Hasan mengatakan, objek pemeriksaan yang dilakukan terhadap bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024 adalah general, dari atas sampai bawah tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 20 dokter ahli dari berbagai spesialis di RSUP Sitanala, bakal mengecek kesehatan delapan bakal calon kepala daerah di wilayah Tangerang. Bakal calon bupati dan wakil bupati Tangerang, bakal calon wali kota dan calon wakil wali Kota Tangerang, dan bakal calon wali kota dan calon wakil wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjalani pemeriksaan pada hari ini.

"Kami hari ini melakukan pemeriksanaan kesehatan sesuai dengan permintaan KPU di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sitanala, untuk waktu berdurasi sekitar 10 jam pemeriksaan," kata Direktur Utama RSUP Sitanala dr Afrizal Hasan, Jumat (30/8/2024).

Menurut dia, objek pemeriksaan yang dilakukan adalah general, dari atas sampai bawah tubuh. Artinya, segala jenis penyakit ada tidaknya, akan diketahui melalui proses rontgen, USG abdomen atau USG perut, dan lainnya, dilakukan oleh dokter-dokter spesialis di rumah sakit tersebut.

"Ada 20 tenaga dokter spesialis, serta dari tiga tenaga kesehatan untuk kejiwaan, dua dokter spesialis jiwa, seorang psikolog, lalu ada tenaga pendukung sebanyak 20 orang, meliputi laboratorium, radiologi, dan ada juga tiga orang tenaga dari BNN," ujar dia.

Sementara, para dokter spesialis yang dilibatkan meliputi penyakit dalam, bedah, bedah tulang orthopedi, klinik neurologi, kejiwaan, THT, bedah gigi dan mulut, dan sebagainya. Keseluruhan tenaga dokter spesialis yang disiapkan merupakan permintaan dari KPU.

"Setelahnya, dicakhir tim dokter kita mengadakan rapat, nanti memutuskan hasil dari pemeriksaan ini, plenonya di akhir nanti, sekitar jam 11 malam," kata Afrizal.

Sementara itu, bakal calon Bupati Tangerang, Maesyal Rasyid menyatakan siap untuk melaksanakan cek kesehatan sebagai bagian dari pencalonannya di Pilkada 2024. Dia mengaku puasa sejak tadi malam atau sekitar pukul 20.00 WIB.

"Saya dengan Bu Intan minta doa supaya berjalan lancar dan hasilnya Insyaallah sehat. Nanti kita ikuti tahapan-tahapan yang diinstruksikan oleh dokter," kata dia.

Bukan hanya Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah saja, pasangan bacalon lain dari Kabupaten Tangerang adalah Mad Romli dan Irvansyah, serta Zulkarnain dan Lerru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Restu Partai, Ketua Golkar Kabupaten Tangerang Tetap Daftar Jadi Bacabup ke KPU

Ketua DPD II Golkar Kabupaten Tangerang, Mad Romli tetap mendaftar menjadi bakal calon bupati (Bacabup) Tangerang pada Pilkada 2024 meski tak didukung partainya. Mad Romli yang berpasangan dengan Irvansyah daftar ke Komisi Pemilihan Umum (Pemilu) Kabupaten Tangerang hari ini, Kamis (29/8/2024).

Dalam pendaftaran itu, Mad Romli dan Irvansyah diarak dan diantar langsung oleh para kader Golkar. Padahal, diketahui dukungan dari partai berlambang pohon beringin itu ditarik dan diberikan kepada pasangan Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah.

"Saya hari ini sudah mendaftar ke KPU, dengan partai yang bukan diusung oleh Partai Golkar," ungkapnya.

Meski rekomendasi tak dikeluarkan untuknya, dia sudah meminta izin untuk maju sebagai bacalon Bupati Tangerang. Dan izin tersebut pun diklaim diberikan dan dirinya menegaskan masih sebagai Ketua DPD II Golkar Kabupaten Tangerang.

"Saya sudah izin ke DPP untuk maju berkontes pada Pilkada 2024. Atas izin dari DPP, Alhamdulillah saya diizinkan walaupun saya tidak diusung oleh Partai Golkar. Saya masih Ketua DPD Partai Golkar," katanya.

3 dari 3 halaman

Pastikan Golkar Tangerang Tetap Solid

Menurut Mad Romli, apa yang terjadi pada dirinya merupakan proses dinamika politik yang sangat wajar dalam pesta demokrasi.

"Itu hal wajar, dinamika politik. Dan dalam kontestasi ini, saya bukan tidak diusung, rekomendasi sebenarnya hanya B1 KWK saja yang tidak diberikan, namun Partai Golkar hari ini masih solid. Teman-teman atas seizin DPP boleh menggunakan atribut," ujarnya.

Seperti diketahui, Partai Golkar memberikan formulir persetujuan atau B1 KWK -nya kepada Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah. Pemberian B1 KWK tersebut diberikan H-1 sebelum pendaftaran ke KPU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini