Sukses

Usai Tes kesehatan, Ridwan Kamil Kelakar soal Tes Saraf: Biar Nanti Pemimpin Jadi Responsif

Berdasarkan pengalamannya menjadi peserta Pilkada, Ridwan Kamil ungkap ada perbedaan sedikit saat menjalani tes kesehatan menjadi Cagub Daerah Khusus Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono rampung menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta, pada Sabtu, (31/8/2024).

Berdasarkan pengalamannya menjadi peserta Pilkada, Ridwan Kamil ungkap ada perbedaan sedikit saat menjalani tes kesehatan menjadi Cagub Daerah Khusus Jakarta.

"Saya pernah 2 kali pilkada enggak ada tes yang barusan, baru di Pilkada kali ini ada tes untuk responsif saraf," kata dia di RSUD Tarakan, Sabtu (31/8/2024).

Ridwan Kamil menerangkan, tes responsif saraf memakan waktu satu jam lama. Dia yang penasaran bertanya alasan tim dokter melakukan tes responsif saraf. Namun, oleh tim dokter dijawab dengan sedikit candaan.

"Satu jamnya dipakai disetrum-setrum oleh dokter saraf. Saya tanya 'dok kenapa kami disetrum sana-sini'. 'Biar nanti pemimpin harus responsif' katanya gitu. Jadi sarafnya dicek sana sini alhamdulillah selamat. Itu aja," kata Ridwan Kamil sambil tertawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rangkaian Pemeriksaan

Ridwan Kamil menjalani serangkaian pemeriksaan sejak pukul 06:45 WIB hingga 16:25 WIB. Ridwan Kamil mengatakan, tes kesehatan terbilang lebih cepat dua jam dari jadwal yang direncanakan

"Alhamdulillah dari 11 jam yg direncanakan, karena pasangan rido insya Allah sehat walafiat bisa menyelesaikan 2 jam lebih cepat ya 9 jam," ucap dia.

Ridwan Kamil meyakini pasangan RIDHO dinyatakan sehat secara medis. Sehingga, salah satu syarat untuk mengikuti Pilkada Jakarta 2024 bisa terpenuhi.

"InsyaAllah sehat semuanya untuk hasilnya nanti diumumkan lusa kalau nggak salah ya untuk semua pasangan," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Kondisi Sehat

Sementara itu, Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD Tarakan, dr Weningtyas Purnomorini mengamini pasangan Ridwan Kamil-Suswono telah menyelesaikan seluruh rangkaian pemeriksaan. Bahkan, dalam waktu lebih cepat dari yang direncanakan.

Weningtyas berharap, hasil tes menunjukkan pasangan calon tersebut dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah semoga hasil kesehatan dari kedua pasangan calon dalam keadaan baik dan kami sudah koordinasi dengan kpu utuk hasil-hasil laporan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.