Sukses

Jika Terpilih Jadi Wagub Jakarta, Rano Karno Janji Bakal Bangun Balai Rakyat

Menurut Rano Karno, balai rakyat zaman dahulu tumbuh bersama perkembangan anak-anak, khususnya di kampung-kampung. Namun seiring pertumbuhan zaman, balai rakyat sudah tidak ada lagi, sehingga anak-anak kehilangan arah menyalurkan bakat kreatifnya.

Liputan6.com, Jakarta - Rano Karno alias Si Doel mengaku sudah menyiapkan sejumlah ‘amunisi’ untuk membangun Kota Jakarta, jika terpilih menjadi wakil gubernur (Wagub). Salah satunya adalah balai rakyat.

Menurut Rano Karno, balai rakyat zaman dahulu tumbuh bersama perkembangan anak-anak, khususnya di kampung-kampung.

“Saya kecil di sebuah kampung dan saya sangat tahu fungsi dari sebuah kampung. Dulu di beberapa kampung itu ada yang namanya Balai Rakyat. Sekarang ini sudah banyak Balai Rakyat yang rubuh. Balai Rakyat itu dulu tempat anak-anak meletakkan pelestarian,” kata dia usai berziarah ke TPU Karet Bivak Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Rano menjelaskan, pelestarian balai rakyat pada kala itu berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari para pelaku seni hingga olah raga.

“Jadi mau tari, mau budaya, mau kesenian, mau olahraga, semua ada di Balai Rakyat,” kenang Rano.

Namun seiring pertumbuhan zaman, Rano menyayangkan Balai Rakyat sudah tidak ada lagi. Sehingga anak-anak kehilangan arah untuk menyalurkan bakat kreatifnya.

“Kini Balai Rakyat sudah tidak ada. Akibatnya anak-anak kita tidak punya tempat untuk menyalurkan kreasinya. Jadilah, maaf ya, mungkin jadi geng motor. Maaf, terlibat teroris. Maaf, jadi narkoba,” ucap pemeran Doel di serial lawan 'Si Doel Anak Sekolahan'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balai Rakyat Bakal Dibangun 2025

Maka dari itu, dia berjanji jika pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 ini dirinya terpilih menjadi wakil gubernur, hal yang pasti dibangun adalah Balai Rakyat, bisa juga sanggar. Tujuannya, menjadi tempat ekspresi anak-anak tumbuh kembang.

“Kalau jadi wakil gubernur Jakarta maka akan saya bangun. Itulah tempat ekspresi anak-anak kita. Tapi perencanaan kita di 2025 ke depan karena 2024-2025 sudah diketok anggaran perencanaannya,” tutur Rano.

“Jadi enggak nyesel kalau Si Doel jadi wakil Gubernur,” ucapnya memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini