Sukses

KPU: Hasil Tes Kesehatan Tiga Calon di Pilkada Jakarta Dinyatakan Mampu Berkontestasi

Wahyu menjelaskan, usai berkas hasil tes kesehatan diterima maka ketiga calon kandidat di Pilkada Jakarta 2024 akan berproses ke tahap selanjutnya yaitu kesimpulan syarat administrasi yang diinformasikan langsung melalui sistem aplikasi pencalonan atau Silon pada tanggal 5 dan 6 September 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 sudah menjalani tes kesehatan pada pekan kemarin di RSUD Tarakan. Hasilnya, berdasarkan data yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta dari tim dokter pemeriksa pada Senin (2/9/2024), ketiga kandidat dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani untuk berkontestasi. 

“Tiga calon, baik pasangan Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana, pihak rumah sakit menyimpulkan bahwa ketiga pasangan calon itu mampu secara jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika,” kata Ketua KPU Jakarta, Wahyu Dinata usai menerima hasil tes kesehatan dari pihak RSUD Tarakan di kantor KPU Jakarta, seperti dikutip Selasa, (3/9/2024).

Wahyu menjelaskan, usai berkas hasil tes kesehatan diterima maka ketiga calon kandidat di Pilkada Jakarta 2024 akan berproses ke tahap selanjutnya yaitu kesimpulan syarat administrasi yang diinformasikan langsung melalui sistem aplikasi pencalonan atau Silon pada tanggal 5 dan 6 September 2024.

"Setelah hasil ini dibuka nantinya KPU akan menyampaikan pemberitahuan penelitian syarat administrasi bagi pasangan calon melalui Aplikasi Pencalonan (Silon) pada 5-6 September dan jika ada data yang kurang maka pasangan harus melengkapi agar dapat lolos penelitian administrasi pasangan calon," tutur Wahyu.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Tarakan Jakarta Pusat, Dian Ekowati mengaku bersyukur dapat menjalankan amanah pemeriksaan tes kesehatan dengan baik terhadap ketiga pasangan calon.

“Syukur Alhamdulillah, kami sudah menyelesaikan tugas yang telah diamanahkan kepada kami dari KPUD untuk melaksanakan pemeriksaan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta,” ujar Dian menandasi. 

Sebagai informasi, ketiga kandidat pasangan calon di Pilgub Jakarta 2024, mereka adalah pasangan Pramono Anung dan Rano Karno yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Berikutnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung oleh 13 partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus. Terakhir, pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana yang maju melalui jalur independen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

RK Ingin Sulap Jakarta Utara Seperti Dubai, Pramono: Itu Bukan Hal Baru

Bakal calon gubernur Jakarta dari PDI Perjuangan, Pramono Anung mengungkkap, konsep pembangunan Waterfront City mantan Gubernur DKI Jakarta yang mendesain Jakarta Utara seperti Dubai.

Hal itu disampaikan menanggapi wacana bakal calon gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK) yang mengaku bakal menyulap wilayah utara Jakarta mirip Dubai.

Menurut Pramono, pembangunan waterfront city menjadi bukti bahwasanya konsep yang ditawarkan oleh Ridwan Kamil bukan hal yang baru.

"Kan udah ada, yang dibuat oleh zaman dari gubernur sebenarnya, misalnya Waterfront City, itu kan seperti Dubai juga. Destilasi, kan seperti Dubai. Jadi bukan hal yang baru," kata dia usai menerima perwakilan warga di Rumah Cemara, Jakarta Pusat pada Senin (2/9/2024).

Disinggung lebih jauh terkait kebijakan Ridwan Kamil itu, Pramono menjawab dengan berkelakar.

"Yang namanya orang mau maju gubernur, ya mau apa aja boleh-boleh aja," kata Pramono sambil tertawa kecil.

 

3 dari 3 halaman

RK Ingin Buat

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengatakan ingin menyulap wilayah utara Jakarta seperti Dubai.

Keinginannya menjadikan wilayah utara Jakarta serupa Dubai menyusul rencana program pembangunan infrastruktur yang hendak dilakukan, salah satunya pembuatan Giant Wall.

"Ada sekitar 70-an program dari mulai infrastruktur raksasa menahan banjir di utara dengan kawasan Giant Wall-nya. Nah nanti Dubainya Jakarta ada di sana," ucap Ridwan Kamil di Kantor DPN Partai Gelora, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini