Sukses

Maju Pilgub Jakarta, 'Bang Doel' Rano Karno Mundur dari Anggota DPR

Dengan demikian, Rano tidak akan ikut dalam pelantikan anggota DPR RI pada 1 Oktober 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi PDIP DPR RI Rano Karno resmi mengundurkan diri dari anggota DPR RI periode 2019-2024.  Tidak hanya mundur untuk periode ini, Rano yang juga terpilih kembali untuk periode 2024-2029 itu juga memutuskan mundur sebagai anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029.

Dengan demikian, Rano tidak akan ikut dalam pelantikan anggota DPR RI pada 1 Oktober 2024 mendatang. Surat pengunduran diri Rano sudah dikirim ke Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI pada 26 Agustus 2024. 

“Bang Doel mundur dari jabatan saat ini 2019-2024 dan dari jabatan terpilih 2024-2029,” demikian keterengan resmi tim media Rano.

Saat ini, Setjen DPR RI tengah memproses penghentian Rano Karno sebagai anggota DPR RI. Surat Setjen DPR RI Nomor: 338.F/KD/8/2024 tertanggal 27 Agustus 2024 telah ditandatangani oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Pramono Anung telah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan Sekretaris Kabinet (Seskab), usai maju Pilkada Jakarta 2024. Namun, Jokowi belum menandatangani atau menyetujui pengunduran diri Pramono.

"(Pramnono) Sudah juga (mengundurkan diri), tapi belum saya tandatangani," kata Jokowo kepada wartawan di Flyover Djuanda, Kabupateb Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Selain Pramono, Tri Rismaharini juga mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Sosial (Mensos), setelah maju Pilkada Jawa Timur 2024. Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Risma.

Meski begitu, Jokowi belum menentukan sosok Mensos pengganti Risma. Dia juga membuka peluang melakukan reshuffle atau perombakan kabinet usai Risma dan Pramono mundur.

"Ya bisa (reshuffle)," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maudy Batal Jadi Tim Pemenangan

Bakal calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno mengungkapkan, Maudy Koesnaedi yang berperan sebagai Zaenab di film 'Si Doel' batal menjadi wakil ketua tim pemenangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024.

Rano Karno menjelaskan, Maudy batal menjadi bagian dari tim pemenangan lantaran berada di Bali dan harus mengurus sang suami yang baru saja mengalami kecelakaan.

"Untuk Maudy itu saya harus klarifikasi, dia pingin, 'bang aku kan di Bali satu, kemarin tuh bang suaminya kecelakaan, kecelakaan cuma ini tapi dia enggak bisa ninggalin," kata Rano Karno, saat diwawancarai di Warung Si Doel, Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Dia mengaku sempat membujuk Maudy agar tetap berada di jajaran tim pemenangan Pramono Anung-Rano Karno. Namun, Maudy akhirnya memutuskan untuk tidak menjadi wakil tim pemenangan.

"Tidak, karena kami menginput karena harus ke KPUD artinya nama Mba Maudy sudah kita cabut tapi prinsipnya kita bantu," imbuh Rano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini