Sukses

Survei PSG: Mayoritas Pemilih Anies Takkan Memilih Ridwan Kamil

PSG mengungkapkan Pilkada Jakarta sangat sulit untuk hanya satu putaran.

Liputan6.com, Jakarta - Political Strategy Group (PSG) merilis hasil survei terkait Pilkada Jakarta 2024 dan arah dukungan pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan.

Kepala Peneliti PSG Ahsan Ridhoi mengungkapkan bahwa survei membandingkan hasil dukungan di pertanyaan elektabilitas 3 nama yakni: Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil (RK), dengan dua pertanyaan 2 nama yakni Anies vs RK dan Ahok vs RK.

“RK dapat diterima oleh mayoritas dari pendukung Ahok dan hampir mayoritas dari pandukung Anies. Mayoritas Pemilih Anies tidak akan memilih RK,” kata Ahsan di Rilis Survei, Menteng Jakarta, Sabtu (7/9/2024)

Selain itu, PSG mengungkapkan Pilkada Jakarta akan berangsung dua putaran atau akan sangat sulit untuk hanya satu putaran.

“Peluang 1 putaran masih tipis. Di Jakarta, masih harus mendapat lebih dari 50% jumlah suara sah agar terpilih sebagai Gubernur, maka kemungkinan dua putaran,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Tarik Suara Pendukung Anies dan Ahok

Ahsan menyebut RK harus bisa menarik pendukung Anies dan pendukung Ahok, yang ada kemungkinan memilih PDIP.

“Oleh karena itu, kecil kemungkinan RK tidak dapat dukungan mayoritas di putaran pertama. Kesempatan bagi calon lain Pramono Anung (dan Dharma Pongrekun) untuk merebut suara Anies & Ahok. Jika 42% yang tidak akan pernah memilih RK hadir di TPS,“ pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Adapun Survei dilakukan pada 6–15 Agustus 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 1.540 orang.

Sementra toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±2,7% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.