Sukses

Jubir Ridwan Kamil-Suswono Yakin Program Dana RW Bisa Berjalan Efektif, Ini Alasannya

Jubir RIDO, Fahlino Sjuib meyakini, program ini bisa berjalan efektif lantaran pernah dikerjakan Ridwan Kamil saat jadi Wali Kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil, mengusulkan anggaran di setiap RW diberikan Rp100-Rp200 juta. Hal ini merupakan salah satu janji pasangan Ridwan-Suswono (RIDO) jika menang di Pilkada 2024.

Jubir RIDO, Fahlino Sjuib meyakini, program ini bisa berjalan efektif lantaran pernah dikerjakan Ridwan Kamil saat jadi Wali Kota Bandung.

“Sewaktu di Bandung program ini terbukti sukses. Penyaluran dana langsung ke masyarakat ini sebagai bentuk kepercayaan bahwa masyarakat di tingkat lokal dapat menentukan sendiri prioritas kebutuhannya dan dapat menyelesaikan sendiri kebutuhannya,” kata dia, Selasa (10/9/2024).

“Karena masyarakat yang paling memahami apa yang dibutuhkan daerahnya,” sambungnya.

Menurut Fahlino, ini adalah bentuk pemberdayaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan. Karena ada partisipasi masyarakat maka akan hadir kontrol sosial terkait penggunaan dana tersebut.

Dia juga mengungkapkan, nantinya ada kontrol dari pihak yang berwenang dan kompeten termasuk aparat penegak hukum, sehingga bisa dipastikan sesuai dengan standar-standar yang berlaku.

“Program ini memiliki multiplier effect yang sangat positif bagi kehidupan warga. Kerukunan warga dapat menguat karena setiap warga dituntut berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan dana untuk membiayai program pembangunan yang telah disepakati. Kesejahteraan warga juga bisa meningkat,” tutur Fahlino.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Rata

Meski begitu, Fahlino menuturkan bahwa mekanisme operasional anggaran ke RW tak semua rata, akan dilihat dari setiap wilayahnya. Pemerintah Daerah akan terlebih dahulu melakukan peninjauan lebih lanjut.

“Tidak semua RW dapat alokasi yang sama. Nanti akan disesuaikan karena tiap RW memiliki penduduk dengan status sosial-ekonomi yang berbeda-beda,” jelas dia.

Fahlino menegaskan, program yang diusung oleh pasangan RIDO ini lebih menitik beratkan pada transformasi birokrasi dan hasil dialog dengan masyarakat.

“Intinya dua, transformasi birokrasi dan dialog. Program anggaran untuk RW ini adalah program dari rakyat untuk rakyat. Maka dari itu, pilihlah pemimpin yang sudah berpengalaman dalam mengelola wilayah,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Niat Ridwan Kamil

Sebelumnya, dalam janjinya, RK mengaku anggaran tersebut guna meningkatkan kesadaran warga untuk kepedulian terhadap wilayahnya sendiri. Lebih lanjut juga, pria yang disapa kang Emil tersebut bakal menaikkan gaji untuk masing-masing RT dan RW.

Progam lainnya yang dicanangkan mantan Gubernur Jawa Barat itu yakni menyediakan mobil curhat jika terpilih dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Pria yang ingin dikenal dengan Bang Emil berasalan mobil tersebut sebagai salah satu solusi dalam mengurangi tingkat stress warga Jakarta.

"Saya tahu kota bikin stres maka kita menginginkan juga ada solusi. Salah satunya ada aplikasi curhat nanti disiapkan," kata RK saat memberi sambutan di kantor Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN-Fanta), Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.