Sukses

Kunjungi Sutiyoso, Ridwan Kamil-Suswono Berjanji Akan Perluas Program yang Sudah Ada di Jakarta

Sutiyoso atau Bang Yos menyatakan siap membimbing Ridwan Kamil dan Suswono menjadikan Jakarta sebagai kota global. Apalagi, Bang Yos mengaku sudah mengenal keduanya sejak lama.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil - Suswono memastikan, bakal melanjutkan dan memperkuat program-program yang sudah ada di Jakarta.

Hal itu disampaikan saat menyambangi kediaman Gubernur DKI Jakarta 1997-2007 Letjen TNI (Pur) Sutiyoso atau akrab disapa Bang Yos di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengatakan, dia bersama Suswono tidak akan menghentikan setiap program yang memiliki maslahat bagi warga Jakarta. Selain itu, Jakarta juga perlu inovasi baru agar naik kelas menjadi kota global.

"Nanti kami hadirkan yang belum ada. Sedangkan program yang sudah ada akan diperluas dan dikuatkan," kata Ridwan Kamil di Bekasi, Kamis (12/9/2024).

Salah satu yang akan diperkuat adalah moda transporatasi Transjakarta, konsep transportasi umum yang telah diinisiasi Sutiyoso sejak Januari 2002.

Menurut pria akrab disapa Kang Emil ini, Transjakarta akan diperluas hingga ke daerah penyangga, seperti Bekasi, Bogor, dan Tangerang.

"Hal-hal baik di zaman Pak Sutiyoso, khususnya tentang transportasi berbasis bus ya, atau TJ, tentunya di era kita nanti karena Jakarta punya kewajiban aglomerasi. Idealnya TJ tidak berhenti dibatas politik administratif tapi diteruskan ke sekeliling aglomerasi, seperti Bekasi, Bogor, Tangerang sehingga sekian juta orang yang bekerja di Jakarta bisa kita layani," ujarnya.

Kang Emil menyebut, Bang Yos siap mengarahkan bagaimana cara memperbaiki Jakarta jika terpilih menjadi gubernur. Ia menyatakan, tak akan sungkan meminta nasihat dalam situasi apapun.

"Dan saya sudah sampaikan jika takdirnya kami (terpilih), Pak Sutiyoso berkenan selalu menjadi pembina, pembimbing pada saat nanti kami butuh nasihat. Karena setiap zaman ada pemimpinnya, setiap pemimpin ada zamannya. Ada tantangan yang sama, ada tantangan berbeda," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir dan Kemacetan Jakarta

Bang Yos pun menyatakan siap membimbing Kang Emil menjadikan Jakarta sebagai kota global. Apalagi, Bang Yos mengaku sudah mengenal keduanya sejak lama.

Bahkan, sejak Ridwan Kamil menjadi Wali Kota Bandung, sementara Suswono telah dikenalnya sejak menjadi wakil rakyat di DPR RI.

"Saya sebagai senior yang kebetulan pernah menjabat 10 tahun lamanya dari 1997-2007 tentu saja wajib ya menerima dan memberikan sedikit pengalaman, mungkin berguna saat beliau juga terpilih nantinya," kata Bang Yos.

Salah satu nasihat yang diberikan Bang Yos yakni soal masalah banjir dan kemacetan yang hingga kini menghantui Jakarta. Bang Yos yakin, pasangan RIDO ini mampu mengatasi dua masalah tersebut.

Menurut Bang Yos, banjir, kemacetan, dan kependudukan sudah menjadi masalah klasik yang belum bisa diselesaikan hingga saat ini.

"Saya bincang-bincang bersama tadi dengan kemampuan beliau (Ridwan Kamil) yang mantan wali kota dan gubernur Jabar tentu saja memimpin birokrat bukan barang asing bagi Pak RK," pungkas Bang Yos.

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini