Sukses

Ridwan Kamil Ungkap Dicurhati Kaum Disabilitas soal KJP hingga Transportasi

Selain itu, Ridwan Kamil juga mendapatkan curhatan terkait dengan transportasi yang kini masih sulit didapati oleh kaum disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengaku banyak mendapatkan curahan hati (curhat) kaum disabilitas soal perundungan hingga Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"Ada juga yang berharap KJP dipertahankan, saya sudah sampaikan bahwa hal-hal baik di masa lalu yang dirasakan manfaat tentu akan saya lanjutkan. Tetapi hal-hal baru yang belum ada tentu akan dihadirkan sebagai gagasan baru," kata RK di Jakarta, Jumat, (13/9/2024).

Selain itu, pria akrab disapa Kang Emil ini juga mendapatkan curhatan terkait dengan transportasi yang kini masih sulit didapati oleh kaum disabilitas.

"Kemudian ada curhatan tentang transportasi hilangnya istilahnya mereka pramusapa, sehingga mereka kesulitan. Ibu hamil, lansia disabilitas, enggak ada yang nolong waktu interaksi menuju bisnya dari haltenya," ujarnya.

"Kadang-kadang juga mengimbau lift yang untuk disabilitas jangan dipakai untuk umum, ya kadang-kadang empati itu juga harus dihadirkan lagi," sambungnya.

Selain itu, mereka juga meminta agar subsidinya diperluas. Sehingga, tidak hanya pada bus saja melainkan juga ke MRT.

"Mereka minta subsidinya diperluas tidak hanya di sistem bus, tapi juga ke MRT juga plus. Kita cek juga ada tugas dari Jakarta untuk mengurusi aglomerasi, sehingga nanti transportasi ini nanti meluas menjangkau ke Bodebek tidak hanya di Jakarta," ucapnya.

"Mudah-mudahan dalam 5 tahun, lebih menjauh, lebih berkeadilan, lebih humanis dengan perbaikan-perbaikan yang nanti kami lakukan, sesuai dengan aspirasi kaum disabilitas," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dengar Curhatan Penyandang Disabilitas, Ridwan Kamil: Banyak yang Belum Dapat Kartu Subsidi

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapatkan curhatan dari para penyandang disabilitas saat menjajal transportasi bus Transjakarta. Dia mengatakan, banyak dari mereka yang belum mendapatkan kartu subsidi dari pemerintah.

"Sekilas tadi sambil jalan, salah satu aspirasinya ada banyak dari mereka belum dapat kartu subsidi ternyata. Jadi mungkin masalah birokrasi saja," kata Ridwan Kamil di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).

"Jadi keberpihakannya ada, tapi belum didapatkan, juga ingin memperluas kalau bisa subsidinya juga sampai ke MRT atau fasilitas kendaraan umum lainnya," sambung pria yang kerap disapa Kang Emil ini. 

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Barat ini juga ingin agar Transjakarta bisa lintas batas wilayah atau dengan rute Jabotabek.

"Secara umum itu dan saya kira masukan dari Pak Sutiyoso juga dan memang aspirasi agar Transjakarta ini bisa lintas batas wilayah ke Tangerang, ke Bogor ke Bekasi. Sehingga seamless tidak berhenti di perbatasan kota," ucap dia.

"Karena ada 3-4 juta orang yang tinggalnya tidak di Jakarta. Jadi siang ke sini, kemudian sore atau malam kembali ke wilayah yang bukan Jakarta," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil pun menjelaskan, program utama pasangan Ridwan Kamil - Suswono (Rido) terhadap penyandang disabilitas, salah satunya terkait dengan pekerjaan.

"Tentu masalah akses yang tadi saya harapkan bisa lebih komprehensif dua akses pada pekerjaan, karena banyak saya wawancara masih banyak industri-industri pekerjaan di Jakarta yang belum membuka waktu saya gubernur Jawa Barat, saya membuat kebijakan equal opportunity employer," ungkapnya.

"Jadi mereka adalah perusahaan yang memberikan kesetaraan kepada akses, jadi mereka harus memberikan akses seluas-luasnya pada saat ada lowongan pekerjaan. Kecuali membuktikan 1-2 jenis pekerjaan itu memang tidak bisa oleh kaum disabilitas baru kita approve, tapi sisanya harus merata jadi dua itu," pungkas Ridwan Kamil.

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Simak Curhatan Penyandang Disabilitas Sambil Naik Transjakarta

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengunjungi Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan sejumlah penyandang disabilitas untuk menampung aspirasi mereka.

"Nanti akan saya simak curhatan-curhatannya seperti apa, kira-kira gitu. Salah satunya tentang mobilitas, bagaimana bergerak dari rumah ke tempat kerja, tentu menggunakan transportasi," kata Ridwan Kamil di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku telah menjajal menggunakan Transjakarta bersama dengan penyandang disabilitas.

"Kenapa tadi kita tes bersama-sama, menggunakan Transjakarta, bagaimana mereka sebagai warga tentu punya hak untuk nyaman melakukan mobilitas," ujarnya.

Menurutnya, ciri-ciri kota yang baik adalah kota yang adil terhadap semua. Baik terhadap lanjut usia (lansia), anak kecil hingga kaum disabilitas.

Saat ditanya soal sejauh mana akses disabilitas di transportasi umum, dia menyebut, sudah ada beberapa yang cukup memadai.

"Sepanjang yang saya tahu di wilayah-wilayah yang sifatnya central business districtnya atau di pusat kota seperti Sudirman-Thamrin relatif sudah memadai. Hanya, di daerah-daerah yang bukan wilayah pusat, saya amati memang belum merata kira-kira begitu. Kita kan ada program salah satunya kan Jakarta merata," pungkas Ridwan Kamil.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini