Sukses

6 Visi Misi RK-Suswono: Targetkan Jakarta Kota Global Bebas Miskin Ekstrem

Enam visi misi RK-Suswono itu tertera dalam dokumen yang diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)Jakarta. Dokumen itu memuat 65 halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Calon Gubernur Jakarta dan Calon Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) telah resmi menyerahkan dokumen visi dan misi kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)Jakarta. Dokumen yang diserahkan tersebut memuat 65 halaman.

“Visi yang diusung Pasangan RIDO adalah Jakarta baru sebagai kota global yang maju dengan karya inovatif, berkeadilan, dan sejahtera,” kata Juru Bicara Pasangan RIDO Bernardus Djonoputro, dalam keterangannya, Senin (16/9/2024).

Menurut Bernie, pasangan RIDO mengusung enam misi. Pertama, pasangan RIDO akan membentuk manusia Pancasila yang berdaya saing, setara, berdaya, dan berperadaban luhur.

“Kata kuncinya adalah pendidikan karakter, ketahanan keluarga, manajemen kependudukan, ketersediaan ruang publik, universitas dan pusat riset kelas dunia, kesetaraan gender, dan kebudayaan,” kata dia.

Kedua, mewujudkan kota global yang berketahanan. Kata kuncinya adalah ketahanan, mitigasi bencana, masyarakat yang berdaya, urbanisasi, aglomerasi perkotaan Jabodetabekpunjur, dan konektivitas global.

Ketiga, lanjutnya, RIDO akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kata kuncinya adalah bebas miskin ekstrem, ramah investasi, ease of doing business, ketahanan pangan, destinasi wisata internasional, lapangan kerja, daya beli, UMKM dan kewirausahaan, akses permodalan, pasar tradisional dan tematik, serta upah berkeadilan.

Keempat, membangun kota layak huni kelas dunia dengan infrastruktur yang berkelanjutan. Kata kuncinya adalah tata ruang harmonis, penyediaan perumahan terjangkau, infrastruktur perkotaan, green roadmap, pencapaian SDGs, ketersediaan air bersih, udara bersih, transportasi publik yang terintegrasi dan terjangkau, zero waste, sanitasi, dan Transit Oriented Development (TOD).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerataan Pembangunan

Kelima, menghadirkan pemerataan pembangunan di semua wilayah Jakarta. Kata kuncinya adalah peremajaan kota, aksesibilitas ke last mile, redistribusi kegiatan enam (6) kota/kabupaten administratif, percepatan pembangunan Kepulauan Seribu, dan pengurangan kesenjangan.

“Terakhir, pasangan RIDO akan membentuk pemerintahan yang transparan, transformatif, dan proaktif melayani. Kata kuncinya terletak pada birokrasi profesional, pemerintahan yang bersih dan akuntabel, kolaboratif, demokratis, transformasi digital, inovasi pembiayaan pembangunan,” kata dia.

Bernie mengatakan, visi dan misi ini diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan mendesak yang ada di Jakarta. “Permasalahan tersebut di antaranya adalah tingginya harga kebutuhan bahan pokok, terbatasnya lapangan kerja, korupsi dan kualitas layanan birokrasi, kemacetan, dan banjir,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.