Sukses

Pengamat Nilai Eman Suherman-Dena Muhamad Bisa Menang Pilkada 2024, Miliki Kapabilitas Pimpin Majalengka

Pengamat Politik Universitas Galuh Ciamis Aan Anwar Sihabudin menyebut, pasangan bakal cabup dan cawabup Majalengka Eman Suherman-Dena Muhamad mempunyai kapabilitas sebagai pemimpin.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Galuh Ciamis Aan Anwar Sihabudin menyebut, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (bakal cabup dan cawabup) Majalengka Eman Suherman-Dena Muhamad Ramdhan mempunyai kapabilitas sebagai pemimpin.

Aan Anwar menilai, pasangan Eman Suherman-Dena Muhamad mempunyai pengalaman yang banyak, baik di pemerintahan dan organisasi.

"Jadi kalau saya lihat dari kedua pasangan ini, itu sebenarnya sudah tepat, karena bekerja di dua sisi, yaitu dari sisi pemerintahannya dan pengalaman organisasinya oke," kata Aan Anwar dalam keterangan tertulis, Rabu (18/9/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Eman Suherman merupakan bakal cabup potensial di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 untuk memimpin Majalengka.

"Bergelimang pengalaman di pemerintahan, membuat Eman punya modal besar di Pilbup Majalengka 2024," ucap Aan Anwar.

Sementara di sisi lain, lanjut dia, Dena Muhamad dikenal sebagai tokoh muda yang memiliki kepedulian besar terhadap milenial Majalengka. Aan menilai, pengalamannya di berbagai organisasi ini membuat Dena punya kompetensi untuk memimpin.

"Di sisi lain kalau kita lihat pergerakan dan track record, kedua pasangan ini dalam arti pak Eman dengan kang Dena itu sudah klik dua-duanya," terang dia.

Dengan berbagai analisis, Aan meyakini pasangan Eman Suherman-Dena Muhamad akan bekerja secara maksimal dalam memimpin Majalengka. Sebab, kata dia, pasangan tersebut lebih paham mengenai permasalahan di Majalengka.

"Karena mereka akan bekerja secara bersama-sama baik dari sisi mana yang akan dibangun pak Eman, dan sisi mana yang akan dibangun oleh kang Dena," pungkas Aan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Eman Suherman-Dena Muhamad

Untuk diketahui, Eman Suherman memiliki banyak jam terbang sebagai birokrat antara lain, Kasi Kesos Dinsos SPM, Kabid Sosial Dinsos SPM, Camat Maja dan Kabag Kesejahteraan Rakyat.

Kemudian, pria yang akrab dipanggil Eman Suherman ini juga memiliki pengalaman yaitu, Kepala Dinsosnakertrans, Kepala Badan PMDPKB, Kepala Dinas BMCK hingga Sekda Kabupaten Majalengka.

Tidak hanya itu saja, bakal cawabupnya Dena Muhamad Ramdhan juga memiliki pengalaman organisasi yakni, Ketua Asosiasi Kontraktor Majalengka, Wakil Bendahara DPD KNPI Majalengka, Bendahara Koni Kab. Majalengka.

Selain itu, pengalaman organisasi Dena Muhamad yaitu, Ketua Perkumpulan Kontraktor Profesional Indonesia Provinsi Jabar, Bendahara Taruna Merah Putih hingga Ketua Kamar Dagang dan Industri Majalengka.

 

3 dari 4 halaman

PCNU Majalengka Nilai Bakal Cabup Eman Suherman Miliki Rekam Jejak Baik dan Bisa Menang Pilkada 2024

Sebelumnya, Bakal Calon Bupati atau Bakal Cabup Majalengka Eman Suherman dikenal punya rekam jejak yang terbukti sebagai pemimpin. Kepemimpinan Eman Suherman terbukti berkontribusi untuk masyarakat dan daerah Majalengka, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PCNU Majalengka Muhammad Umar. Dia ingin Eman membawa Majalengka menjadi daerah yang lebih baik lagi, jika diberikan amanah pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 nanti.

"Saya kenal beliau (Eman Suherman) sebagai sahabat, jadi artinya secara pribadi yakni beliau punya kepempimpinan bagus dan punya rekam jejak yang baik lah, termasuk beliau waktu itu menjabat sebagai sekda, kaya engga berubah aja," ujar Umar, melalui keterangan tertulis, Minggu 16 September 2024.

Dia mengatakan, banyak dorongan yang diberikan dan organisasi yang dipimpin saat mengetahui Eman menyalonkan sebagai Bupati di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024. Salah satu dorongan tersebut yaitu moril.

"Bahwa support yang saya berikan itu macam macam ya, baik materil, moril, siapapun yang hadir termasuk beliau, jadi kita apresiasi," terang Umar.

Dia ingin ketika Eman terpilih di Pemilihan Bupati atau Pilbup Majalengka 2024 nanti, dapat memimpin "Kota Angin" tersebut menjadi lebih baik. Sebab, kata Umar, ini merupakan kesempatan emas untuk melanjutkan pengabdian yang lebih tinggi lagi ke masyarakat Majalengka.

"Saya berharap ketika beliau terpilih bisa serius dalam memimpin, karena ini kesempatan yang baik untuk beliau," tandas Umar.

 

4 dari 4 halaman

Didukung Projo Jawa Barat

Sebelumnya, relawan ProJokowi Jawa Barat atauProjo Jabar resmi memberikan dukungan kepada pasangan Eman Suherman-Dena Muhamad Ramdhan (HADE) pada kontestasi Pilbup Majalengka 2024.

Sekretaris DPD Projo Jabar Dedi Bernardi menerangkan, di Pilbup Majalengka 2024, pihaknya resmi memberikan dukungan kepada Eman-Dena lantaran selaras dengan Presiden-Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Karena calon bupati-wakil bupati setiap daerah itu wajib hukumnya harus selaras dengan Prabowo-Gibran jadi ya otomatis kita memilih Kang Haji Eman dan Kang Dena untuk menjadi bupati karena memang selaras dengan Prabowo-Gibran dan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata dia.

Lebih lanjut, Dedi mengingatkan, jika masyarakat Majalengka harus memilih pemimpin di daerah yang selaras dengan pemerintah pusat. Menurutnya, jika tidak memilih yang selaras maupun satu garis, maka yang rugi yakni masyarakat itu sendiri.

"Karena kalau kita memilih calon yang tidak selaras dengan pemerintah pusat maka yang dirugikan adalah masyarakat Majalengka itu sendiri," tandas Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.