Sukses

Pakai Kaus Oranye, Pramono Anung dan Rano Karno Hadiri Deklarasi Kampanye Damai

Pramono Anung dan Rano Karno mengenakan kaus kerah berwarna oranye bertulis Mas Pram dan Bang Doel, dibalut jaket putih bertuliskan Jakarta Menyala.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Jakarta 2024 di Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat pada Selasa (24/9/2024).

Busana mereka tampak kompak. Pramono Anung dan Rano Karno mengenakan kaus kerah berwarna oranye bertulis Mas Pram dan Bang Doel, dibalut jaket putih bertuliskan Jakarta Menyala.

Kehadiran mereka langsung disambut hangat simpatisan maupun pendukung yang hadir. Nama Mas Pram dan Bang Doel tak henti-henti menggema.

"Mas Pram, Bang Doel Jakarta Menyala," teriak pendukung.

Sebelumnya, Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari mengatakan, kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta akan mengikuti agenda deklarasi kampanye damai di Kota Tua, Jakarta Barat.

Astri menjelaskan, acara dimulai pukul 3 sore. Kemudian, secara bersama tiap pasangan calon akan menyerukan jalannya Pilkada 2024 yang damai.

"Kita akan menyaksikan seruan Pilkada yang penuh damai dari ketiga pasangan calon tersebut supaya dapat melaksanakan kampanye ini dengan penuh sukacita, semangat dan warga Jakarta dapat dengarkan visi misi Paslon ini dengan baik," ungkap Astri di Kantor KPU Jakarta, Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024).

Astri menambahkan, setelahnya rangkaian kampanye resmi akan dimulai pada 25 September 2024 hingga 23 November 2024. Dengan nomor urut yang sudah ditetapkan, masing-masing pasangan calon bisa menggunakannya sebagai materi kampanye.

"Setelah ini mereka akan bisa menggunakan nomor urut ini sebagai materi kampanye di mana nanti bisa dicetak untuk bahan kampanye, kemudian di dalam alat peraga atau mungkin nanti disebar melalui iklan di media massa, cetak, daring," Astri menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KPU Jakarta: Kampanye Terbuka 25 September-23 November 2024

Komisioner KPU DKI Jakarta, Astri Megatari mengatakan pasca penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur semalam, hari ini akan dilangsungkan deklarasi kampanye damai sebelum para kandidat memulai rangkaian kampanye terbuka pada 25 September 2024 di Pilkada Jakarta.

Astri menjelaskan, sesuai dengan PKPU 13/2024 ada beberapa metode kampanye yang bisa dilakukan oleh para kandidat, seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, dan penyebaran bahan kampanye.

"Kemudian ada pemasangan alat peraga kampanye (APK), lalu ada juga iklan di media massa, di media cetak, dan di media daring, lalu juga ada bentuk kegiatan lainnya yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan," kata Astri kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip Selasa (24/9/2024).

Astri menyebut, setiap rangkaian kampanye memiliki waktunya masing-masing. Contohnya, seperti iklan di media massa yang baru bisa dilakukan  di 14 hari terakhir sebelum berakhirnya masa kampanye 23 November 2024.

"Jadi mulai 10 November hingga 23 November baru diperbolehkan utk melakukan metode kampanye berupa iklan," jelas dia.

Metode kampanye lain, lanjut Astri, adalah debat terbuka berpasangan yang akan dilangsungkan sebanyak tiga kali dan sesi pertama dimulai pada 6 Oktober 2024.

"Terkait penyelenggaraan debat, nanti rencananya untuk yang pertama ini kami laksanakan tanggal 6 Oktober," ungkap dia.

3 dari 3 halaman

Masa Tenang Selama 3 Hari

Astri memastikan, usai rangkaian kampanye maka dilangsungkan masa tenang selama tiga hari sebelum hari pemilihan pada 27 November 2024.

“Kita masuk masa tenang 3 hari lalu pemungutan suara di tgl 27 November 2024,” Astri menandasi.

Sebagai informasi, pada Senin 23 September 2024 KPU DKI Jakarta telah melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon di Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya, pasangan RK dan Suwono mendapat nomor urut 1.

Kemudian, pasangan independen yakni Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana mendapat nomor urut 2.

Terakhir, pasangan Pramono Anung dan Rano Karno alias Si Doel mendapatkan nomor urut 3.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.