Sukses

Pramono Tetap Bersepeda di Area CFD Saat Masa Kampanye Pilgub Jakarta

Pramono memahami secara aturan kawasan CFD atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) steril dari kegiatan kampanye sejak 25 September 2024 hingga 23 November.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung tetap akan berkunjung ke kawasan car free day (CFD) Sudirman-Thamrin pada masa kampanye Pilgub Jakarta.

Pramono memahami secara aturan kawasan CFD atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) steril dari kegiatan kampanye sejak 25 September 2024 hingga 23 November.

Karena itu, kehadirannya di area CFD bukan untuk berkampanye tapi berolahraga. Dia memastikan akan menanggalkan atribut-atribut yang bermuatan kampanye bila kunjungi kawasan CFD.

"Nah jadi kalau ke CFD udah enggak boleh lagi berkegiatan yang bersifat kampanye, tapi kalau CFD untuk CFD masa enggak boleh. Selama enggak pake identitas untuk kampanye dan sebagainya," ucap dia.

Pramono mengatakan, akan bersepeda di area CFD seperti biasa. "Ya saya sendiri aja karena saya masih sepedaan seperti biasa," ucap dia.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), disebutkan pada Pasal 7 ayat (2) Pergub 12 Tahun 2016, bahwa HBKB atau CFD tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut.

Kemudian, Pasal 9 ayat (2) huruf e menyatakan bahwa partisipan HBKB yang melanggar ketentuan dalam pengisian acara pelaksanaan HBKB, penyelenggara HBKB akan memberikan surat teguran.

Pasal 9 ayat (2) huruf f menyebutkan, jika partisipan HBKB yang telah disanksi teguran tersebut mengulangi perbuatannya, maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan lagi untuk mengisi kegiatan dalam pelaksanaan HBKB selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pramono: Kami Rangkul Semua

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno mengaku tidak memetakan daerah tertentu di masa kampanye Pilkada Jakarta 2024.

"Ya semuanya sama, karena dalam Pilgub kan satu suara satu pemilih yang harus diperebutkan itulah yang kami rangkul dari semua daerah," kata Pramono usai menghadiri deklarasi kampanye damai di Kota Tua, Tamansari Jakarta Barat, pada Selasa (24/9/2024).

Pramono belum bisa membeberkan secara gamblang daerah mana saja yang akan disambangi di masa kampanye damai pada pekan pertama.

Sebab, dia masih menunggu arahan dari KPU Provinsi DKI Jakarta terkait zonasi pelaksanaan kampanye masing-masing kandidat pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur.

"Jadi besok baru, malam ini baru zonasi itu dikeluarkan. Kami tentu akan bentuk itu tetapi saya sendiri dari begitu mendaftar sudah keliling-keliling. Hari ini saja sudah titik ketujuh ini," ucap dia.

Pramono menyatakan siap bekerja keras mensosialisasikan diri ke masyarakat. Apalagi, saat ini sudah tak lagi menjabat sebagai Sekretaris Kabinet, sehingga memiliki banyak waktu untuk menemui masyarakat Jakarta.

"Karena sekarang ini saya sudah tidak menjabat sebagai menteri tentunya pagi, siang, sore, malam saya akan keliling. Dan alhamdulillah sambutan yang dulu orang nggak kenal saya, sekarang sudah mulai kenal," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.