Sukses

Ridwan Kamil Sebut Pergerakan Ekonomi di Kawasan Kota Tua Belum Maksimal

Menurut Ridwan Kamil, masih banyak kendala-kendala sosial yang dijumpai di Kota Tua.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta 01 Ridwan Kamil (RK), mengatakan aktivitas ekonomi di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat masih belum maksimal meski telah direvitalisasi.

"Kota Tua ini belum maksimal dalam pandangan kami dari sisi pergerakan ekonomi, aktivitas dan destinasi pariwisatanya," kata RK di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Padahal, lanjut RK, usai berbincang dengan para pemandu pariwisata Kota Tua, ada asosiasi yang memperhatikan wisata di Kota Tua. Menurut dia, masih banyak kendala-kendala sosial yang dijumpai di Kota Tua.

"Pedagang kaki lima mungkin yang belum teratur, parkir yang mahal oleh orang-orang yang tidak semestinya. Bangunan kosong yang dan lain sebaginya," ujar RK.

Diketahui, kawasan Kota Tua sudah direvitalisasi Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 2022. Aktivasi awal kawasan Kota Tua pasca revitalisasi Kota Tua ditandai Anies dengan pembukaan Festival Batavia Kota Tua.

Adapun saat itu Festival Batavia dihelat untuk mengenalkan kawasan Kota Tua sebagai ruang ketiga yang dapat memfasilitasi aktivitas masyarakat. Festival Batavia Kota Tua pun digelar selama tiga hari hingga Minggu 28 Agustus 2022.

Usai revitalisasi Kota Tua diharapkan jadi wajah kota di masa depan. Dimana, Kota Tua disediakannya fasilitas bagi pejalan kaki dengan transportasi umum yang mudah dijangkau menuju dan dari Kota Tua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantun Ridwan Kamil

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Nomor Urut 01 Ridwan Kamil (RK)-Suswono pede bisa menang di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dia ingin Pilkada Jakarta 2024 menjadi teladan bagi provinsi lain di Indonesia.

Hal ini disampaikan Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil dalam seruan deklarasi kampanye damai di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

"Kami ingin Pilkada Jakarta menjadi Pilkada teladan, menjadi Pilkada percontohan menjadi Pilkada yang naik kelas, menjadi Pilkada yang menjadi rujukan bahwa pesta demokrasi di Indonesia bisa diselenggarakan dengan damai," kata RK.

Dia meyakini, Pilkada Jakarta 2024 bakal berjalan dengan penuh, semangat dan kekeluargaan. Dia berharap, segala proses di Pilkada Jakarta 2024 juga akan diselenggarkan dengan cara yang damai.

Lebih lanjut, RK juga ingin warga yang terdata di daftar pemilih tetap datang saat pencoblosan. Dia mengimbau, agar Pilkada Jakarta 2024 tak dihiasi hoaks dan politik uang.

"Mudah-mudahan dengan begitu kita sambut Pilgub Jakarta dengan sebaik-baiknya," ucap RK.

Lalu, di akhir seruan deklarasi kampanye damainya, RK menyampaikan sebuah pantun. Di depan Pramono Anung-Rano Karno, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dia yakin bersama Suswono bisa meraih kemenangan di Pilkada Jakarta.

"Beli kado isinya sepatu, beli kue putu di hari sabtu, pasangan RIDO dapat nomor urut 1, Insyaallah juara 1," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini