Sukses

Kampanye Perdana Pilgub Jakarta 2024, RK Ecosystem Siap Menangkan RIDO

Relawan Kerja (RK) Ecosystem resmi dibentuk pada hari perdana kampanye Pilgub Jakarta 2024. Diketahui, RK Ecosystem adalah kelompok pemuda-pemudi yang siap mendukung dan memenangkan pasangan cagub dan cawagub nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

Liputan6.com, Jakarta Relawan Kerja (RK) Ecosystem resmi dibentuk pada hari perdana kampanye Pilgub Jakarta 2024. Diketahui, RK Ecosystem adalah kelompok pemuda-pemudi yang siap mendukung dan memenangkan pasangan cagub dan cawagub nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

"Kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk mencari dukungan dan meraup suara anak muda demi memenangkan RIDO di Pilgub Jakarta," kata Direktur Eksekutif RK Ecosystem, Darul Husaini saat jumpa pers di Markas Pusat TKN Fanta Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Darul menyebut RK Ecosystem akan memiliki 19 klaster yang bakal bergerak sesuai dengan isu anak muda. Tujunnya, agar kebutuhan anak muda di Jakarta dapat terwadahi dengan baik lewat kelompoknya.

"Seperti klaster RK Pink yang berfokus dalam memberdayakan perempuan, kemudian RK Health yang membahas tentang isu kesehatan termasuk kesehatan mental," ungkap Darul.

Menyambut baik pembentukan RK Ecosystem, Arief Rosyid Hasan selaku Komandan TKN FANTA di masa Pilpres 2024 lalu menyatakan mendukung penuh representatif orang muda untuk Pilkada Jakarta 2024 melalui RK Ecosystem.

"RK Ecosystem akan bergerak secara taktis untuk memastikan kemenangan satu putaran bagi pasangan RIDO di Pilgub Jakarta," jelas Arief.

Arief optimistis, RK Ecosystem mampu menyapu bersih suara anak muda Jakarta. Dia mencatat, dari 8 juta lebih wajib pilih di Jakarta, sekitar 5 jutanya adalah orang muda, under 44 atau U44.

"Seperti kemarin anak muda mendominasi suara untuk Prabowo-Gibran, insya Allah anak muda akan kembali memenangkan RIDO di Jakarta. Kita SATUkan Jakarta," jelas Arief.

Arief mengatakan, peluncuran RK Ecosystem ini adalah gebrakan di hari pertama kampanye Pilgub Jakarta 2024. Dia percaya anak muda adalah penggerak perubahan, dan RK Ecosystem hadir untuk menyalurkan aspirasi mereka ke dalam bentuk dukungan nyata.

"Kami ingin membuat mereka merasa memiliki, merasa bahwa kampanye ini adalah milik mereka juga," ujar Arief.

Arief melanjutkan, RK Ecosystem menggunakan strategi klasterisasi yang serupa dengan kampanye Prabowo-Gibran pada saat Pilpres 2024. Dengan langkah itu, terbukti Prabowo-Gibran efektif menggerakkan basis dukungan di kalangan anak muda.

"RK Ecosystem terinspirasi dari strategi sukses yang digunakan dalam kampanye Prabowo-Gibran, yang menggunakan klasterisasi relawan untuk merangkul berbagai komunitas dan segmentasi masyarakat khususnya anak muda," Arief menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 19 Cluster Relawan Kerja untuk RIDO di Pilgub Jakarta 2024

Diketahui, RK Ecosystem sudah mempersiapkan sejumlah langkah konkret untuk menarik suara anak muda yang mencapai hampir separuh populasi pemilih Jakarta.

Golnya, RK Ecosystem mampu membawa pasangan RIDO di Pilgub Jakarta 2024 mencapai target kemenangan dalam satu putaran.

Berikut daftar 19 Cluster Relawan Kerja (RK) untuk RIDO di Pilgub Jakarta 2024:

 1.⁠ ⁠RK Preneur

 2.⁠ ⁠⁠RK for Earth

 3.⁠ ⁠⁠RK First Voters

 4.⁠ ⁠⁠RK Pink RK

 5.⁠ ⁠⁠RK Digi Team

 6.⁠ ⁠⁠RK Art & Culture

 7.⁠ ⁠⁠RK Health

 8.⁠ ⁠⁠RK RT/RW

 9.⁠ ⁠⁠RK silaturraHMI

10.⁠ ⁠⁠RK Aktivis

11.⁠ ⁠⁠RK KulineRun

12.⁠ ⁠⁠RK Syariah

13.⁠ ⁠⁠RK Harmoni

14.⁠ ⁠⁠RK e-sport

15.⁠ ⁠RK Mania (supporter)

16.⁠ ⁠RK Law

17.⁠ ⁠⁠RK EASY

18.⁠ ⁠⁠RK Disabilitas

19. RK Berbagi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.