Sukses

Ridwan Kamil Janjikan Program Sahabat Lansia hingga Dokter Keliling ke Ibu-ibu Pancoran

Program itu, kata Ridwan Kamil, bakal melibatkan peserta didik di Jakarta. Program ia rencanakan berlangsung selama sebulan sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 01 Ridwan Kamil (RK), menawarkan program sahabat lanjut siapa (lansia) hingga program dokter keliling kepada ibu-ibu warga Pancoran, Jalan Pancoran Barat IX, RT 008/03, Jakarta Selatan pada kampanye hari kedua, Kamis (26/9/2024).

"Kita kan ingin Jakarta itu lebih humanis ya, lebih bahagia. Ciri Lansia itu kan sering kesepian, sementara jumlah anak sekolah kan banyak," kata RK.

Program itu, kata dia, bakal melibatkan peserta didik di Jakarta. Program ia rencanakan berlangsung selama sebulan sekali.

"Nanti kita bikin program anak sekolah sahabat Lansia sebulan sekali, kelompok anak sekolah punya sahabat, misalkan ibu tadi ya, nanti didatengin sebulan sekali, bawa makan, ajak ngobrol," jelas RK.

RK menyatakan, melalui program itu akan terjadi interaksi dan pertukaran informasi antara lansia dan anak-anak sekolah. Dengan begitu, lanjut dia baik lansia dan anak-anak diharapkan meningkat kebahagiaan hidupnya.

"Dimana ada dua manusia bertemu pasti bahagia, karena niatnya silaturahmi. Nah, Jakarta humanis itulah yang ingin saya hadirkan lagi," ungkap dia.

"Jadi hidup tidak hanya sekedar urusan ekonomi, mencari nafkah gitu ya, tapi ada kemanusiaan yang kita hadirkan di kampung-kampung," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dokter Keliling

Selain itu, RK juga menawarkan program dokter keliling. Sehingga, warga yang lansia tak lagi bersusah payah untuk berobat di Puskesmas.

"Ya, ada dokter keliling nanti ya, nanti dibayarin oleh Pemprov, untuk mereka-mereka yang kesulitan berobat ke puskesmas gitu ya. Bentuknya bisa sendiri dokter kelilingnya, atau pengobatan seperti ini, di tempat-tempat balai RW masing-masing," kata dia.

3 dari 3 halaman

Kampanye di Pancoran, Ridwan Kamil: Jangan Lupa Pilih Nomor 1 yang Ada Monasnya

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 01 Ridwan Kamil (RK) blusukan di Kelurahan Pancoran, Jalan Pancoran Barat IX, RT 008/03, Jakarta Selatan pada kampanye hari kedua, Kamis (26/9/2024).

Pantauan Liputan6.com, RK tiba di lokasi sekira pukul 08.30 WIB. RK mengenakan pin oranye dengan gambar Monumen Nasional (Monas).

BACA JUGA:Rano Karno Terima Dukungan Pemuda Kaum Betawi di Pilkada DKI Jakarta RK menyapa dan berbincang bersama warga. RK memperkenalkan diri sebagai pasangan cagub nomor urut 01 di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

 "Bu saya calon gubernur. Jadi jangan lupa. Pilih yang ada Monasnya," kata RK.

Setelah itu, dia menyampaikan program yang dibawa untuk warga di visi misi pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada 2024. Salah satu program yang ditawarkan RK ialah pinjaman tanpa bunga dan agunan kepada warga yang berwirausaha. 

Pada kesempatan itu, dia juga bertanya ke warga ihwal anggaran ideal yang biasanya dibutuhkan untuk membuka usaha.

"Ini rumah ibuk tempat usaha. Butuh modal gak ibuk? Kalau dikasih modal Pak gubernur mau dibikin apa? Pengen jualan aja sih, anggaran yang dianggap cukup bagus berapa? Rp1 juta Rp2 juta Rp10 juta?," ujar RK.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini bilang, program pinjaman yang ia tawarkan itu bakal membantu warga agar bisa melanjutkan kegiatan usaha. Meski begitu, kata dia program tersebut bisa terwujud jika ia menang di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya ada program pinjaman tanpa bunga, tanpa agunan syaratnya harus berlima. Jadi cari temannya nanti. Dikasihnya Rp10 juta gak usah ada bunga gak usah ada bangunan. Dicicil selama setahun. Tapi kan gubernurnya harus menang dulu kan buk. Nomor berapa buk? Satu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.