Sukses

Cara Seru KPU Kota Tangerang Gaet Pemilih Pemula untuk Pilkada dan Pilgub di Wilayahnya

KPU Kota Tangerang menargetkan bisa menggaet 100 persen suara pemula dengan melakukan ‘KPU Goes to Kampus’ di Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS).

Liputan6.com, Tangerang - KPU Kota Tangerang menargetkan bisa menggaet 100 persen suara pemula dengan melakukan ‘KPU Goes to Kampus’ di Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS). Setidaknya, ada 30 persen dari 1.377.828 Daftar Pemilih Tetap di kota tersebut yang akan menyoblos pada 27 november 2024.

Bukan hanya dari mahasiswa UNIS saja, melainkan juga dari perwakilan mahasiswa dari kampus lain di Kota Tangerang. Seperti Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), dan STIMIK Raharja.

Menurut Ketua Senat UNIS, Hilman, Pilkada 2024 ini mendapat atensi sendiri bagi perguruan tinggi. Sebab, momentum bagi akademisi dan juga mahasiswa. Diminta ataupun tidak oleh KPU, perguruan tinggi akan mensukseskan Pilkada 2024.

“Ini seperti kesepakatan tidak tertulis, dosen atau mahasiswanya, kita akan berpartisipasi secara maksimal. Untuk ikut mensosialisasikan, datang ke TPS, untuk memberikan suara haknya masing-masing,” ujar Hilman dikutip Kamis (26/9/2024).

Seperti diketahui, bila mahasiswa semester 1 merupakan pemilih pemula yang menjadi target sosialisasi, harus dibuat semenarik dan meriah mungkin. Seperti yang dilaksanakan di UNIS, yang mengajak musisi Kunto Aji, beatbox, Om Abidin, dan komika dari Stand Up Comedy Tangerang.

Belum lagi ada talkshow yang melibatkan pengamat politik, akademisi hingga mahasiswa.

Menurut Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah, sosialisasi untuk pemilih pemula ini bukan kali ini saja. Melainkan juga akan dilakukan di Kampus Sekolah Tinggi Islam Nahdatul Ulama (STISNU), serta ke 104 kelurahan yang ada di Kota Tangerang.

“Selain mengincar kampus-kampus yang mahasiswanya banyak, kita juga ada kegiatan di seluruh kelurahan di Kota Tangerang untuk sosialisasi, selain melibatkan RT/RW juga melibatkan anggota karangtaruna,” ujar Qori.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Partisipasi Pilkada Tangerang

Lalu, setelah penetapan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota diteruskan lagi sosialisasi serupa di kelurahan dan kecamatan. Dengan harapannya, anggota KPPS bisa mengundang pemuda pemudi yang ada di wilayahnya.

Sehingga, target partisipasi Pilkada ataupun Pemilihan Gubernur di Kota Tangerang bisa 100 persen untuk pemilih pemula dan 81 persen untuk pemilih keseluruhan.

“Target untuk Kota Tangerang 81 persen, sama dengan Pilpres kemarin. Kalau untuk pemilih pemula, semua yang terdaftar di DPT bisa menggunakan hak pilihnya,” ujar Qori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.