Sukses

Ridwan Kamil Blusukan ke Pancoran, Warga Teriak Minta Beras

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), disambut teriakan warga yang meminta beras saat dirinya melakukan blusukan di Jalan Pancoran IX, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), disambut teriakan warga yang meminta beras saat dirinya melakukan blusukan di Jalan Pancoran IX, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

Mulanya, RK singgah di Sekretariat RW yang berdempetan dengan Posyandu Melati Putih. Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu menyapa petugas dan warga yang ada di sana.

Pada kesempatan itu, RK juga sempat memperkenalkan diri sebagai calon gubernur nomor urut 1. Dia meminta kepada warga untuk mencoblos pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) pada Pilkada Jakarta 2024.

"Tanggal 27 November kalau ibu ikhlas dan rido pilih nomor 1, nanti Insya Allah yang saya sampaikan bisa kembali lagi ya bu ya. Bisa pinjaman tanpa bunga tanpa aturan. Datangin anak-anak sekolah jadi teman ngobrol, dokter datang ke rumah. Biar lansia bahagia lagi," kata RK.

Tak lama setelah RK meminta warga untuk mencoblos pasangan RIDO, salah seorang warga langsung berteriak untuk meminta beras.

"Mana berasnya pak? Sayang beli di warung," kata salah satu warga.

Pernyataan salah satu warga itu disambut gelak tawa warga lainnya. Mendengar hal itu, RK hanya tersenyum dan tidak memberikan tanggapan secara langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Biasa

Saat dikonfirmasi terpisah, RK tak mau pusing terkait hal itu. Dia mengatakan, hal semacam itu merupakan hal yang biasa.

"Itu mah biasa ya, dimana-mana warga mayoritas ekspektasi ada sesuatu kan begitu. Nanti dijawab dengan program aja," ujar RK.

Adapun dalam blusukan di Pancoran, RK memberikan coklat dan satu buah pin biru bertulisan RIDO (Ridwan Kamil-Suswono) kepada warga. Dia bilang, memilih memberi coklat karena mengenyangkan.

"Kalau ketemu warga saya biasanya kan mereka suka kelihatan haus dan lapar lah ya. Kalau di ganjel coklat paling mudah, dan coklat itu bikin kenyang, secara teorinya, jadi saya kasih coklat aja, nggak ada masalah," katanya.

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Tawarkan Purna Pejabat DKI Isi Posisi Non ASN Bantu Urus Jakarta

Sebelumnya, Calon Gubernur (Cagub) Jakarta 01 Ridwan Kamil (RK) menawarkan purna pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terlibat kembali mengurus Jakarta dalam pemerintahannya, jika menjadi gubernur Jakarta terpilih pada Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil saat berdialog bersama forum purna pejabat Pemprov DKI Jakarta bersama tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

"Saya tanya, apakah mau aktif lagi kan dalam bentuk sesuatu karena kita prinsipnya DKI desentralisasi kolaborasi inovasi misalkan mensosialisasikan pengentasan kekumuhan, beliau beliau bisa ikutan. Mau nggak ikuti tim penghijauan di wilayah-wilayah yang dikuasai, kata mereka juga mau," kata RK.

Pada dialog ini, hadir sejumlah purna pejabat DKI Jakarta eselon 1 dan eselon 2. Nampak Mantan Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta Muhammad Mawardi.

Kemudian, ada Mantan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal, Mantan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri, hingga Mantan Wali Kota Jakarta Selatan 2006-2011 Syahrul Effendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.