Sukses

4 Janji Ridwan Kamil Jika Jadi Gubernur Jakarta: Perbanyak Sumur Resapan - Dokter Keliling 

Di hadapan warga Pancoran, Jaksel, RK mengungkapkan beberapa janji jika terpilih memimpin Jakarta untuk lima tahun ke depan. Salah satunya akan melanjutkan pembangunan sumur resapan sebagai upaya penanganan banjir di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 01 Ridwan Kamil (RK) mengisi agenda hari kedua kampanye dengan blusukan dan menyapa warga di Jalan Pancoran Barat IX, Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

Pantauan Liputan6.com, RK tiba di lokasi sekira pukul 08.30 WIB. RK mengenakan pin oranye dengan gambar Monumen Nasional (Monas).

Dalam momen tersebut, RK mengungkapkan beberapa janji kepada warga jika terpilih memimpin Jakarta untuk lima tahun ke depan. RK berjanji akan melanjutkan pembangunan sumur resapan sebagai upaya penanganan banjir di Jakarta.

"Saya lihat juga sumur resapan udah ada, program yang terdahulu, nanti diperbanyak aja, dan kita antisipasi yang banjir lima tahunan," kata RK.

Selanjutnya, RK juga menawarkan salah satu programnya yaitu pinjaman tanpa bunga dan agunan kepada warga yang berwirausaha.

Selain janji untuk mengatasi banjir dan modal tanpa bunga, RK juga menawarkan program sahabat lanjut siapa (lansia) dan program dokter keliling.

"Kita kan ingin Jakarta itu lebih humanis ya, lebih bahagia. Ciri Lansia itu kan sering kesepian, sementara jumlah anak sekolah kan banyak," kata RK.

"Ya, ada dokter keliling nanti ya, nanti dibayarin oleh Pemprov, untuk mereka-mereka yang kesulitan berobat ke puskesmas gitu ya. Bentuknya bisa sendiri dokter kelilingnya, atau pengobatan seperti ini, di tempat-tempat balai RW masing-masing," lanjutnya.

Berikut sejumlah janji Ridwan Kamil saat kampanye Pilkada Jakarta 2024 di Pancoran, Jaksel, seperti dihimpun dari kanal Pemilu Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Perbanyak Sumur Resapan untuk Atasi Banjir

Cagub Jakarta Ridwan Kamil (RK) bakal melanjutkan pembangunan sumur resapan untuk penanganan banjir di Jakarta jika menjadi gubernur terpilih pada Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan RK saat kampanye di Kelurahan Pancoran, Jalan Pancoran Barat IX, RT 008/03, Jakarta Selatan pada kampanye hari kedua, Kamis (26/9/2024).

"Saya lihat juga sumur resapan udah ada, program yang terdahulu, nanti diperbanyak aja, dan kita antisipasi yang banjir lima tahunan," kata RK.

Pada saat blusukan, RK menerima keluhan warga terkait banjir di ibu kota. Menurut RK, warga masih khawatir dengan banjir yang kerap terjadi lima tahunan.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menilai, banjir di Jakarta sebenarnya tak terjadi secara rutin. Meski begitu, penanganan yang tepat masih tetap harus dirumuskan.

"Sebenernya banjirnya itu nggak rutin-rutin amat, yang mereka khawatirkan itu banjir lima tahunan," ucap RK.

Adapun pembangunan sumur resapan mulai dilakukan pada kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi pada 2013 silam. Setelah itu, pelaksanaan pembangunan sumur resapan kemudian dilanjutkan oleh Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan.

Salah satu program pengendalian banjir tersebut juga masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Anies kala itu menargetkan pembangunan sumur resapan 1,8 juta titik di Jakarta.

 

3 dari 5 halaman

2. Janjikan Modal Tanpa Bunga

RK juga menyampaikan program yang ia bawa untuk warga di visi misi pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada 2024. Salah satu program yang ditawarkan RK ialah pinjaman tanpa bunga dan agunan kepada warga yang berwirausaha.

Pada kesempatan itu, dia juga bertanya ke warga ihwal anggaran ideal yang biasanya dibutuhkan untuk membuka usaha.

"Ini rumah ibuk tempat usaha. Butuh modal gak ibuk? Kalau dikasih modal Pak gubernur mau dibikin apa? Pengen jualan aja sih, anggaran yang dianggap cukup bagus berapa? Rp1 juta Rp2 juta Rp10 juta?," ujar RK.

 

4 dari 5 halaman

3. Program Sahabat Lansia

Selain janji untuk atasi banjir dan modal tanpa bunga, RK menawarkan program sahabat lanjut siapa (lansia).

"Kita kan ingin Jakarta itu lebih humanis ya, lebih bahagia. Ciri Lansia itu kan sering kesepian, sementara jumlah anak sekolah kan banyak," kata RK.

Program itu, kata dia, bakal melibatkan peserta didik di Jakarta. Program ia rencanakan berlangsung selama sebulan sekali.

"Nanti kita bikin program anak sekolah sahabat Lansia sebulan sekali, kelompok anak sekolah punya sahabat, misalkan ibu tadi ya, nanti didatengin sebulan sekali, bawa makan, ajak ngobrol," jelas RK.

RK menyatakan, melalui program itu akan terjadi interaksi dan pertukaran informasi antara lansia dan anak-anak sekolah. Dengan begitu, lanjut dia baik lansia dan anak-anak diharapkan meningkat kebahagiaan hidupnya.

"Dimana ada dua manusia bertemu pasti bahagia, karena niatnya silaturahmi. Nah, Jakarta humanis itulah yang ingin saya hadirkan lagi," ungkap dia.

"Jadi hidup tidak hanya sekedar urusan ekonomi, mencari nafkah gitu ya, tapi ada kemanusiaan yang kita hadirkan di kampung-kampung," sambungnya.

 

5 dari 5 halaman

4. Dokter Keliling

Selanjutnya, RK menawarkan program dokter keliling kepada ibu-ibu warga Pancoran. Sehingga, warga yang lansia tak lagi bersusah payah untuk berobat di Puskesmas.

"Ya, ada dokter keliling nanti ya, nanti dibayarin oleh Pemprov, untuk mereka-mereka yang kesulitan berobat ke puskesmas gitu ya. Bentuknya bisa sendiri dokter kelilingnya, atau pengobatan seperti ini, di tempat-tempat balai RW masing-masing," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini