Sukses

Survei: Paslon Willem Wandik-Aloysius Giyai Unggul Jelang Pilkada Papua Tengah 2024

Laboratorium Suara Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkini untuk mengukur preferensi politik masyarakat Provinsi Papua Tengah menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Laboratorium Suara Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkini untuk mengukur preferensi politik masyarakat Provinsi Papua Tengah menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Hasil survei kedua ini yang digelar sejak 19-29 September 2024 menunjukan bahwa tingkat keterpilihan pasangan calon (paslon) Kepala Daerah Papua Tengah tertinggi ada pada pasangan Willem Wandik-Aloysius Giyai yang mencapai 64,6%.

"Di mana pada survei LSI yang dilakukan pada 24 Agustus-1 September 2024, elektabilitas Willem Wandik-Aloysius Giyai baru mencapai 60,7%," ujar Direktur Eksekutive LSI Albertus Dino melalui keterangan tertulis, Selasa (1/10/2024).

Dia menjabarkan, pada urutan selanjutnya pasangan Meki Nawipa-Deinas Geley dipilih 13,7%, Natalis Tabuni-Titus Natkime dipilih 9,2%, John Wempi Wetipo-Ausilius You dipilih 6,1%, dan sebanyak 6,4% belum menentukan pilihan.

"Hasil survei mencatat Willem Wandik-Aloysius Giyai dikenal oleh 90,8% warga responden di Papua Tengah dan disukai oleh 93,7% dari yang mengenal namanya," ucap Albertus.

Sedangkan, lanjut dia, dari pasangan Meky Nawipa-Deinas Geley dikenal oleh 60,3% warga dan disukai oleh 40,7% dari yang mengenalnya. Serta pasangan lain John Wempi Wetipo-Ausilius You dikenal oleh 64,7% warga dan disukai oleh 29,7% dari yang mengenalnya.

"Diilanjutkan pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime dikenal oleh 50,9% warga Papua Tengah dan disukai oleh 29,8 persen dari yang mengenalnya," papar Albertus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Survei Tingkat Kepercayaan

Albertus mengatakan, hasil survei ini juga dapat menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat Papua Tengah, ketika Responden diberi pertanyaan, secara umum seberapa percayakah ibu/bapak dengan ke empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di bawah ini.

"Jawaban dari responden menunjukkan bahwa pasangan Willem Wandik-Aloysius Giyai dipercaya sebanyak 80,7%, dan sebanyak 10,1% tidak percaya, 9,2% tidak tahu/tidak jawab," kata dia.

Kemudian, lanjut Albertus, untuk pasangan Meky Nawipa-Deinas Geley,sebanyak 40,6% dipercaya, sebanyak 51,2% tidak percaya, dan 8,2% tidak tahu/tidak jawab.

"Kemudian, untuk pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime sebanyak 42,6% percaya, sebanyak 52,8% tidak percaya, dan 4,6% tidak tahu/tidak jawab," terang dia.

"Lalu, untuk pasangan John Wempi Wetipo-Ausilius You sebanyak 20,6% percaya, sebanyak 74,1% tidak percaya, dan 5,3% tidak tahu/tidak jawab," sambung Albertus Dino.

 

3 dari 3 halaman

Miliki Peran Penting

Pada sisi lain, Albertus Dino menjelaskan, terkait kepemimpinan untuk Papua Tengah memiliki peran penting dalam keberhasilan atau kegagalan pemerintahan baru Papua Tengah hasil dari Pilkada 2024. Hubungan antara pemimpin dengan rakyat membutuhkan kepercayaan.

"Kepercayaan terhadap pemimpin digambarkan sebagai kepercayaan yang dimiliki masyarakat terhadap pemimpin berdasarkan keyakinan bahwa pemimpin tersebut berkompeten, memiliki integritas, konsisten, loyalitas, dan kemampuan berkomunikasi," ucap dia.

Adapun, survei LSI ini dilakukan pada 18-29 September 2024 menggunakan sampel sebanyak 1.700 responden dari populasi DPT Papua Tengah sebanyak 1.128.844. Survei ini mengunakan metode multistage random sampling.

"Sementara margin of error dari survei ini adalah +/-2,38% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei dilakukan dengan metode wawancara face to face dan melalui video call," tandas Albertus Dino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.