Sukses

RK: Tema Debat Perdana Pilgub Jakarta Dibagi 3, Mulai dari SDM hingga Transportasi

Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), mengungkapkan tema debat perdana Pilgub Jakarta 2024 tidak jauh dari permasalahan klasik kota. Dia menyebut ada tiga bagian dalam tema yang akan diperdebatkan antarkandidat pada 6 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), mengungkapkan tema debat perdana Pilgub Jakarta 2024 tidak jauh dari permasalahan klasik kota. Dia menyebut ada tiga bagian dalam tema yang akan diperdebatkan antarkandidat pada 6 Oktober 2024.

"Sesuai dari KPU, kan temanya dibagi tiga ya. Nanti ada urusan SDM (sumber daya manusia), urusan transportasi, macam-macam, tapi semua disiapkan dengan baik," kata Ridwan Kamil di Jakarta Selatan, seperti dikutip Kamis (3/10/2024).

Soal strategi debat, politikus Partai Golkar itu memastikan tidak akan melakukan tindak menyerang terhadap lawan. Sebab dia meyakini ketiga calon lainnya sama-sama punya niat baik untuk membangun Jakarta.

"Kita kan fastabiqul khoirot campaign. Berlomba-lomba dalam kebaikan. Semua calon menyayangi Jakarta dengan cara berbeda," tutur RK.

Mantan gubernur Jawa Barat itu mengaku tidak ambil pusing jika visi misi dan jawaban selama debat tidak membawa kepuasan bagi semua pihak. Hanya saja dia tidak akan mengkritik jawaban dari kandidat lain.

"Kalau cara saya tidak disukai, tidak masalah. Silakan, asal bisa memberikan alternatif yang lebih baik. Saya tidak akan fokus mengkritik balik, saya hanya akan bekerja keras meyakinkan," ucap RK.

Eks wali kota Bandung itu mengklaim pasangan RIDO (RK-Suswono) adalah duet terbaik. Sebab keduanya sudah kenyang pengalaman. Program yang ditawarkannya pun pernah dijalankan di wilayahnya saat menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jabar.

"Solusi pasangan RIDO mayoritas sudah dikerjakan. Itu bedanya kami. Kami ada sedikit pengalaman. Kredit mesra sudah dijalankan, program bantuan ke RW sudah dikerjakan, mobil curhat sudah dikerjakan, dokter keliling sudah dikerjakan. Jadi itu perbedaan kami, sudah mayoritas dikerjakan. Bedanya, objeknya berbeda," kata Ridwan Kamil.

2 dari 2 halaman

Siap Hadapi Debat Perdana Pilgub Jakarta, RK: Semoga Tidak Demam Panggung

Ridwan Kamil (RK) mengaku siap menjalani debat terbuka perdana di Pilgub Jakarta 2024. “Ya sesuai temanya sudah dibaca, poin-poin yang nanti disampaikan, sudah dihafalkan kira-kira begitu ya," kata RK.

RK memastikan dirinya juga masih terus berlatih untuk bisa menampilkan yang terbaik. Khususnya, bagaimana menyampaikan jawaban yang tepat dengan waktu yang terbatas.

"Perlu dilatih lebih kepada dalam waktu yang pendek. Gimana caranya pesan diterima dengan semaksimal mungkin," ungkap dia.

Meski ajang debat calon kepala daerah bukan kali pertama dia ikuti, namun tetap rasa waswas akan selalu ada. Dia pun berdoa agar tidak terjadi demam panggung saat giliran menyampaikan jawaban.

"Semoga tidak ada demam panggung, tapi insyaallah siap. Karena pernah mengalami debat begini kan dua kali ya, sama saja, mirip-mirip. Hanya beda topik paling, beda wilayah. Jadi mentalnya insyaallah siap," RK menandasi.