Sukses

KPU Ungkap 7 Panelis Debat Perdana Pilkada Jakarta, Ini Daftar Namanya

Ketujuh panelis akan mandu jalannya debat Pilkada Jakarta yang diketahui mengambil tema besar Debat pertama temanya 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, memastikan debat perdana Pilgub Jakarta 2024 akan digelar pada 6 Oktober 2024. Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari menyampaikan  ada tujuh orang yang ditunjuk sebagai panelis debat yang mewakili bidangnya masing-masing.

“Panelisnya untuk debat pertama akan ada 7 orang panelis dari berbagai macam unsur bidang keilmuan,” kata Astri di Kantor KPU RI Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Astri menyebut tujuh orang tersebut adalah, Gun Gun Haryanto,  Beki Mardani, dan Siti Zuhro. Kemudian, Nurliah Nurdin, Ahsan Numinan, Didi Suharyanto, dan Andita Virseli Utami.

Astri menambahkan, ketujuh orang panelis akan mandu jalannya debat Pilkada Jakarta yang diketahui mengambil tema besar Debat pertama temanya 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

“Ya untuk tema debatnya adalah penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota global,” jelas dia.

Astri menyebut, lokasi debat akan dilangsungkan di JIExpo Kemayoran pukul pukul 19.00 WIB. Untuk pelaksanaan debat, lanjut dia, masih mengikuti cara seperti perhelatan debat sebelumnya yakni gubernur maupun calon wakil gubernur akan hadir bersamaan.

"Jadi nanti pasangan calon tersebut kami lakukan berbarengan gitu, bukan seperti pilpres kemarin yang satu-satu gitu, kan. Kalau kemarin kan ada (debat) calon presiden, ada calon wakil presiden gitu. Kalau untuk pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu," Astri memungkasi.

Sebagai informasi, debat kandidat pasangan calon gubernur Jakarta dan wakil gubernur Jakarta adalah salah satu metode kampanye.

 

2 dari 2 halaman

Debat Pilkada 3 Kali

Debat secara resmi akan dilangsungkan oleh KPU Jakarta sebanyak tiga kali selama Pilkada serentak 2024 sampai dengan November mendatang.

Diketahui, Pilgub Jakarta 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon. Mereka adalah, nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Suswono.