Sukses

Cak Lontong Ungkap Strategi Pramono-Anung di Debat Perdana Pilgub Jakarta 2024

Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono alias Cak Lontong mengungkap cara pasangan Pramono-Rano menghadapi serangan-serangan personal di Debat Pilkada Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono alias Cak Lontong mengungkap strategi atau cara pasangan Pramono-Rano menghadapi serangan-serangan personal di Debat Pilkada Jakarta 2024. Cak Lontong mengatakan, akan menggunakan strateginya seperti di permainan bola.

"Strateginya gini kalau dalam bola itu, kalau diserang itu kan tidak harus selalu diserang balik, tapi kita tahu bahwa ketika ada orang yang menyerang kita harus minim bertahan dan harus bisa menunjukkan bahwa serangan yang dilakukan itu tidak benar itu yang utama," kata dia di Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

"Apalagi kalau serangan itu bisa berbentuk hoaks atau apapun, kita sangat menghindari kampanye dan bekerja dengan menyebar hoaks seperti itu," sambung dia.

Disinggung apakah akan membalas serangan, Cak Lontong menyerahkan sepenuhnya ke pasangan calon. Namun, Cak Lontong meyakini Pram-Rano akan lebih memilih untuk mengklarifikasi serangan ketimbang menyerang balik.

"Ketika anda diserang kemudian anda pertahankan itu jadi jangan dianggap itu serangan balik ya itu adalah hak kita. Seperti ini aja ketika anda bertanya ingin klarifikasi, tugas saya klarifikasi ini tujuannya supaya anda bisa menerima informasi itu secara seimbang," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Suasana Debat Akan Berbeda

Sebelumnya, dia mengatakan, suasana debat Pilkada Jakarta 2024 akan berbeda dengan Debat Pilpres. Komitmen tidak menyerang secara pribadi sudah digaungkan sejak Pram-Rano dicalonkan menjadi kandidat di Pilkada Jakarta 2024.

Buktinya, Pram-Rano selalu menekankan Pilkada Jakarta 2024 disambut dengan riang gembira dan merangkul semua.

"Jadi dalam konteks ini sebenarnya tidak ada sedikitpun pikiran atau mungkin strategi yang mengarah pada saling menyerang apalagi secara pribadi, individu, saya kira kita akan jauh dari itu. Tapi kita lebih ke hal-hal yang memang bersifat gagasan, adu program, visi misi dan sebagainya," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Jamin Tak Serang Personal

Cak Lontong menjamin, kekhawatiran debat akan diwarnai serang personal tidak akan terjadi. "Kalau toh mungkin itu terjadi, kita pastikan bahwa itu bukan kita," ujar dia.

Cak Lontong kemudian mengungkit penunjukkan dirinya sebagai Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung-Rano Karno yang sama sekali tidak memiliki latar belakang politik.

"Saya akan sampaikan bahwa kita akan memulai apapun dengan tertawa, saya ke mana-mana katakan itu. Jadi pokoknya happy aja," ujar dia.