Sukses

KPU: Debat Pilgub Jakarta 2024 Dilangsungkan 3 Kali, Catat Tanggalnya!

Astri mengatakan, untuk debat kedua dan ketiga akan diselenggarakan pada akhir bulan dan pertengahan November.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari memastikan, debat Pilgub Jakarta 2024 akan dilangsungkan sebanyak tiga kali. Menurut dia, gelaran perdana akan dilangsungkan pada 6 Oktober 2024 di JiExpo Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

“Ya debat pertama itu tanggal 6 Oktober 2024,” kata Astri saat dikonfirmasi, seperti dikutip Jumat (4/10/2024).

Astri mengatakan, untuk debat kedua dan ketiga akan diselenggarakan pada akhir bulan dan pertengahan November.

“Debat kedua itu tanggal 27 Oktober dan debat ketiga tanggal 17 November,” jelas dia.

Soal segmen debat, Astri memastikan akan ada enam segmen yang akan berlangsung selama durasi total 150 menit.

“Segmentasinya ada 6 segmen, segmen pertama adalah segmen pemaparan visi misi. Segmen kedua dan segmen ketiga, para pasangan calon akan menjawab pertanyaan dari panelis. Kemudian segmen empat dan lima adalah tanya jawab antar paslon, lalu segmen enamnya adalah closing statement,” ungkap Astri.

2 dari 3 halaman

Lokasi

Terkait lokasi, Astri menyebut debat pertama akan dilangsungkan di JIExpo Kemayoran pukul pukul 19.00 WIB. Namun untuk debat kedua dan ketiga lokasi akan diinfokan lebih detil pada momentum debat berikutnya.

Untuk pelaksanaan debat, Astri mengatakan masih mengikuti cara seperti perhelatan debat sebelumnya yakni gubernur maupun calon wakil gubernur akan hadir bersamaan.

"Jadi nanti pasangan calon tersebut kami lakukan berbarengan gitu, bukan seperti pilpres kemarin yang satu-satu gitu, kan. Kalau kemarin kan ada (debat) calon presiden, ada calon wakil presiden gitu. Kalau untuk pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu," Astri memungkasi.

3 dari 3 halaman

Metode Kampanye

Sebagai informasi, debat kandidat pasangan calon gubernur Jakarta dan wakil gubernur Jakarta adalah salah satu metode kampanye.

Diketahui, Pilgub Jakarta 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon. Mereka adalah, nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.