Sukses

Elektabilitas Melesat, Program-program Elly Lasut-Hanny Joost Dinilai Berpihak Pada Masyarakat

Bagi Efriza, dengan kurang dari dua bulan menuju hari pemungutan suara, Elly Lasut-Hanny Joost semakin menunjukkan dominasinya sebagai pasangan calon terkuat yang didukung oleh mayoritas masyarakat Sulut.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut-Hanny Joost Pajouw diprediksi berpotensi besar menang di Pilgub Sulawesi Utara (Sulut) 2024. Sebab duet ini mengantongi elektabilitas tinggi di sejumlah lembaga survei kredibel.

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza menilai, pasangan Elly Lasut-Hanny Joost hanya selangkah lagi menuju kursi pemimpin Sulut. Maka, pasangan ini mesti menaruh fokus pada langkah selanjutnya untuk memastikan kemenangan.

"Untuk menjaga trend ini adalah terus bersama masyarakat. Menjelaskan program-program kerjanya, dan menunjukkan keberpihakan terhadap masyarakat," ucap Efriza, Sabtu (5/10/2024).

Bagi Efriza, dengan kurang dari dua bulan menuju hari pemungutan suara, Elly Lasut-Hanny Joost semakin menunjukkan dominasinya sebagai pasangan calon terkuat yang didukung oleh mayoritas masyarakat Sulut.

"Andai pun Elly-Hanny bisa dikejar dan pasangan lain menang, rasanya teramat jauh harapan tersebut," tutur Efriza.

Elektabilitas pasangan ini di dua lembaga survei kresdibel yaitu LSI Denny JA dan Poltracking Indonesia, sama-sama menyentuh angka yang sangat fantastis.

Berdasarkan data terbaru, Poltracking Indonesia dalam survei periode 15-21 September 2024, Elly Lasut-Hanny Joost menempati posisi teratas dengan angka 50,1 persen. Sedangkan kandidat lawan, Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh 32,4 persen.

Sementara itu, dari survei LSI Denny JA pada 1-7 September 2024 Elly Lasut-Hanny Joost juga kokoh menempati posisi pertama dengan elektabilitas 53,3 persen. Sedangkan Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh mendulang elektabilitas sebesar 34,5 persen.

2 dari 2 halaman

Elly Lasut Dinilai Sosok Pemimpin yang Dicintai Masyarakat

Tokoh Masyarakat Bolaang Mongondow Raya, Putu Puagow menilai, Calon Gubernur nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut merupakan sosok yang peduli terhadap seluruh lapisan masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut). bahwa sikap bersahaja membuat Elly Lasut banyak dicintai masyarakat.

"Pak Elly sering bertemu langsung dengan masyarakat, memperhatikan masyarakat, apalagi tentunya yang kurang mampu. Pak Elly contoh pemimpin yang peduli rakyat," kata Putu, Rabu (2/10/2024).

Bagi Putu, Elly Lasut merupakan pribadi mudah berbaur dan merangkul masyarakat. Sehingga banyak masyrakat baik di desa dan kota mengenalnya.

Meski sempat mengemban posisi sebagai Bupati Kepulauan Talaud, tidak sedikit pun membuat Elly Lasut enggan untuk berbaur dengan masyarakat kecil. Justru membuat Bupati Kepulauan Talaud itu semakin dekat dengan masyarakat.

"Beliau benar-benar sosok yang peduli dan merangkul masyarakat semua latar belakang," cetusnya.

Putu juga meyakini, Elly Lasut punya kompetensi sebagai pemimpin Sulut. Ia percaya melalui kepemimpinannya, Sulut akan menjadi daerah yang lebih maju dari segi ekonomi.

"Hemat saya, Pak Elly pemimpin yang merangkul dan pendengar aspirasi masyarakat," pungkasnya.

Video Terkini