Sukses

3 Pernyataan Masing-Masing Paslon Persiapan Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 akan diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon) yaitu nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Debat perdana Pemilihan Kepala Daerah atau debat perdana Pilkada Jakarta 2024 bakal diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Jakarta (KPU Jakarta) pada hari ini, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Debat perdana ini akan diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon) yaitu nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Masing-masing paslon melakukan sejumlah persiapan jelang debat perdana Pilkada Jakarta 2024 malam nanti. Misalnya calon gubernur (cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil (RK) optimistis bakal mendominasi debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta yang dihelat Minggu malam (6/10/2024). Sebab, kata RK sudah berpengalaman memimpin di Jawa Barat (Jabar).

"Kalau nggak optimis, masa jadi pemimpin. Saya selalu optimis, pengalaman 10 tahun (di Bandung dan Jabar)," kata RK kepada wartawan di Posko Bang Mul, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024).

Kemudian, calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 2 Kun Wardana mengatakan sudah sangat siap untuk menjalani debat perdana Pemilihan Gubernur Jakarta atau debat perdana Pilgub Jakarta 2024.

Meski tidak ada strategi khusus, namun dirinya dan calon gubernur (cagub) Jakarta Dharma Pongrekun sudah berlatih untuk debat perdana Pilgub Jakarta 2024.

"Strategi khusus tidak ada, hanya saja tadi kami sudah pilah-pilah mana yang bisa Pak Dharma jawab dan saya lebih ke arah kolaborasi. Jadi saya dan Pak Dharma sudah mempersiapkannya dengan matang," kata Kun Wardana.

Sementara itu, Juru Bicara Pramono Anung-Rano Karno, Iwan Tarigan mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pasangan cagub-cawagub tersebut dalam menjalani debat nanti.

"Mas Pram dan Bang Doel, tetap melakukan kegiatan sehari hari, berolah raga pagi dan menerima tamu. Tidak ada persiapan khusus," kata Iwan.

Berikut sederet pernyataan paslon persiapan menjelang debat Pilgub Jakarta 2024 dihimpun Tim News Liputan6.com:

 

2 dari 4 halaman

1. Paslon Nomor Urut 1 Ridwan Kamil-Suswono

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), optimistis bakal mendominasi debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta yang dihelat Minggu malam (6/10/2024). Sebab, kata RK sudah berpengalaman memimpin di Jawa Barat (Jabar).

"Kalau nggak optimis, masa jadi pemimpin. Saya selalu optimis, pengalaman 10 tahun (di Bandung dan Jabar)," kata RK kepada wartawan di Posko Bang Mul, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024).

Menurut RK, bersama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono segala persiapan menjelang debat Pilkada Jakarta telah dilakukan. Semisal, melangsungkan latihan-latihan yang diperlukan.

Mantan Gubernur Jabar ini berharap, debat cagub-cawagub nanti malam akan berjalan dengan hangat. Dia ingin agar gagasan yang disampaikan dalam debat dapat tersampaikan dengan baik ke warga Jakarta.

"Namanya juga debat, tentunya kita berharap ramai, hangat tapi tetap sopan ya. Sehingga warga Jakarta bisa langsung melihat bagaimana kita membawa Jakarta Baru Jakarta Maju dalam bentuk catatan-catatan yang sudah disiapkan. Mudah-mudahan mereka makin jatuh cinta," kata RK.

 

3 dari 4 halaman

2. Paslon Nomor Urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana

Calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 2 Kun Wardana mengatakan sudah sangat siap untuk menjalani debat perdana Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Meski tidak ada strategi khusus, namun dirinya dan calon gubernur (cagub) Jakarta Dharma Pongrekun sudah berlatih untuk debat perdana Pilgub Jakarta 2024.

"Strategi khusus tidak ada, hanya saja tadi kami sudah pilah-pilah mana yang bisa Pak Dharma jawab dan saya lebih ke arah kolaborasi. Jadi saya dan Pak Dharma sudah mempersiapkannya dengan matang," kata Kun Wardana melalui sambungan telepon kepada awak media di Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Kun menambahkan, Dharma-Kun juga akan tampil sederhana. Hal itu akan terlihat dari pakaian yang dia kenakan.

"Ya kita menggunakan sesuatu yang lebih ke arah sederhana, yang mengena untuk warga Jakarta," harap pria berjuluk bayi ajaib ini.

Soal program yang akan disuarakan saat debat nanti malam, Kun memastikan tagline Jakarta Ku Aman Karena Indah Adabnya (Jakmania) akan kembali digaungkan.

Tujuannya, kata dia, agar para penonton debat bisa lebih teredukasi. Khususnya soal kartu Jakmania yang akan ditunjukkan ke depan kamera.

"Jadi yang pertama memang itu kartu Jakarta Ku Aman itu akan menjadi sarana kemudian kita juga konsentrasi kepada program-program, kita akan sampaikan kemudian yang lain lain agar kita bisa lebih dikenal," ungkap Kun.

Terakhir, Kun berpesan kepada para pendukung yang hadir di acara debat nanti malam untuk tidak provokatif dan tetap menjaga adab. Sebab, menurut dia, adab menjadi ciri dari kampanye yang dibawa saat bertemu setiap lapisan masyarakat.

"Kita sudah menyepakati untuk semua urusan terkait dengan kampanye dan kita akan lakukan dengan damai dan sopan dan juga menjaga adab makanya kita selalu menyampaikan ke pendukung kita untuk mengutamakan adab mudah-mudahan bisa kondusif," Kun menandasi.

 

4 dari 4 halaman

3. Paslon Nomor Urut 3 Pramono Anung-Rano Karno

Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno alias Doel bakal menjalani debat perdana.

Kegiatan debat pertama cagub-cawagub ini nantinya bakal dilaksanakan di Kemayoran, Jakarta Utara, hari ini Minggu (6/10/2024).

Juru Bicara Pramono-Rano, Iwan Tarigan mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pasangan cagub-cawagub tersebut dalam menjalani debat nanti.

"Mas Pram dan Bang Doel, tetap melakukan kegiatan sehari hari, berolah raga pagi dan menerima tamu. Tidak ada persiapan khusus," kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (6/10/2024).

Ia menjelaskan, tidak adanya persiapan yang khusus dilakukan karena dengan melihat latar belakang dari Pramono maupun Doel.

"Karena tema debat hari ini adalah pekerjaan sehari hari Mas Pram ketika beliau aktif menjadi anggota DPR RI selama 4 Periode dan Sekretaris Kabinet selama 10 Tahun," jelasnya.

"Dan Bang Doel yang berpengalaman sebagai Wakil Bupati, Wakil Gubernur dan Gubernur Banten," sambungnya.

Menurutnya, dalam debat malam nanti Pramono dan Rano Karno hanya kembali membaca visi-misi saja.

"Mas Pram dan Bang Doel hanya membaca kembali vsi-misi dan program kerja yg akan menjadi tema debat hari ini," pungkas Iwan.