Sukses

Egi-Syaiful Siapkan Tujuh Program Strategis untuk Majukan Lampung Selatan

Egi ingin meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui perbaikan sistem kelembagaan dan tata kelola yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati (Cabub-Cawabub) Lampung Selatan (Lamsel) Nomor Urut 2, Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar, membawa visi besar untuk kemajuan Lampung Selatan. Pasangan nomor urut 2 ini mengusung visi "Mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan yang Maju Menuju Generasi Emas 2045".

Visi ini diharapkan bisa membawa perubahan signifikan di Lampung Selatan. Untuk mewujudkan visi tersebut, pasangan Egi-Syaiful menjabarkan tujuh misi pembangunan strategis yang disebut dengan PITU VISTA.

Misi pertama adalah membentuk masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya berdasarkan Pancasila. Misi kedua yang diusung adalah menciptakan masyarakat yang demokratis dan taat hukum.

"Nilai-nilai agama dan budaya lokal adalah fondasi utama bagi pembangunan karakter masyarakat kita," terang Radityo Egi saat hadir di siniar yang digelar RRI Bandar Lampung, Minggu (6/10/2024).

Egi ingin meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui perbaikan sistem kelembagaan dan tata kelola yang baik. Dia yakin, dengan sistem yang transparan dan akuntabel, kehidupan demokrasi di Lampung Selatan akan semakin kokoh.

"Kepercayaan masyarakat pada pemerintah harus dibangun lewat lembaga yang bersih dan berfungsi dengan baik," ujar Egi.

Selanjutnya, tata kelola pemerintahan yang mengedepankan prinsip-prinsip good governance menjadi fokus misi ketiga. Efektivitas dan akuntabilitas dalam pemerintahan diharapkan mampu menciptakan pemerintahan yang transparan.

Selain itu, mereka berkomitmen memajukan sumber daya manusia (SDM) sebagai misi keempat. Penguatan akses pendidikan, pemberian beasiswa, serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) menjadi prioritas dalam membangun SDM yang berkualitas.

 

2 dari 2 halaman

Pemerataan Pembangunan

Misi kelima menekankan pentingnya pemerataan pembangunan yang adil dan berkelanjutan, terutama dalam mengurangi kesenjangan sosial. Sementara itu, misi keenam adalah memanfaatkan potensi wilayah Lampung Selatan yang kaya akan sumber daya alam, termasuk pantai dan pegunungan, untuk meningkatkan sektor pariwisata, pertanian, dan perkebunan.

"Potensi lokal Lampung Selatan adalah kekayaan yang perlu terus dikembangkan," kata Egi.

Terakhir, pasangan ini ingin Lampung Selatan berperan aktif dalam pergaulan antar daerah dan nasional. Dengan memperkuat kerjasama antar wilayah, mereka berharap Lampung Selatan bisa semakin maju dan mampu berkontribusi lebih besar pada pembangunan nasional.

Video Terkini