Sukses

Debat Perdana Pilgub, Dharma-Kun: Visi Kami Menjadikan Jakarta Pusat Perekonomian Nasional dan Global

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana, memaparkan visi dan misinya dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana, memaparkan visi dan misinya dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024 yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, pada Minggu (6/10/2024).

Dalam pemaparannya, pasangan Dharma-Kun menekankan rencana menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan global yang aman melalui reformasi menyeluruh.

"Visi kami adalah menjadikan Jakarta pusat perekonomian nasional dan global yang aman dengan melalui reformasi jati diri untuk mewujudkan rakyat yang beradab, harmoni, mandiri, makbul, dan bahagia," ungkap Dharma.

Dharma juga menjelaskan tujuh poin utama dalam misi mereka. "Yang pertama adalah bagaimana transformasi Jakarta untuk melindungi keselamatan jiwa masyarakat," kata Dharma.

Poin kedua, lanjutnya, adalah reformasi regulasi dan tata kota Jakarta dengan fokus pada pemeliharaan kesehatan melalui pendekatan preventif yang aman dan beradab.

Dharma-Kun juga berkomitmen pada inovasi tata kota untuk mengatasi kemacetan, melalui penelitian dan pemberdayaan. Mereka menekankan pentingnya akselerasi dalam pembangunan Jakarta sebagai pusat perekonomian yang terintegrasi baik secara nasional, regional, maupun global.

"Yang keempat, akselerasi. Mewujudkan akselerasi Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional yang terintegrasi secara nasional, regional, global dalam simbol pariwisata, ekonomi kreatif, dan budaya melalui penguatan UMKM dan pemberdayaan masyarakat," jelas Dharma.

Pasangan ini juga memprioritaskan ketahanan lingkungan dengan manajemen banjir yang lebih baik, termasuk optimalisasi waduk, kanal, serta pengembangan ruang hijau. Selain itu, Dharma menekankan pentingnya konektivitas informasi dan transformasi Jakarta menjadi pusat keunggulan sumber daya manusia yang beradab dan berkeadilan.

"Yang terakhir adalah, mewujudkan reformasi teknologi yang tepat guna dan hemat untuk mendukung strategi samudera biru dan strategi bioekonomi sebagai kontributor utama perekonomian Indonesia," pungkas Dharma.

2 dari 3 halaman

Debat Perdana Pilkada Jakarta Digelar Malam Ini, Intip Persiapan 3 Kandidat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta akan menggelar debat perdana Pilkada Jakarta 2024 pada malam ini, Minggu (6/10/2024). Debat perdana yang akan digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini mengusung tema 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

Mereka yang akan debat adalah ketiga pasangan calon (paslon) Pilgub Jakarta 2024, yaitu Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

Sejumlah persiapan pun dilakukan oleh para calon gubernur (cagub). Salah satunya Ridwan Kamil (RK) yang mengaku siap menjalani debat terbuka perdana di Pilgub Jakarta 2024.

"Ya sesuai temanya sudah dibaca, poin-poin yang nanti disampaikan, sudah dihafalkan kira-kira begitu ya," kata RK ditemui di Jakarta Selatan, seperti dikutip Kamis 3 Oktober 2024.

Meski sudah berpengalaman saat maju di Pilgub Jabar, RK tidak mau menganggap enteng pesaingnya pada debat perdana Pilkada Jakarta 2024 malam nanri. Dia mengakui, segala sesuatunya tengah dipersiapkan, termasuk berlatih.

"Ya nanti disiapkan, hasilnya saya bahas di debat, panjang soalnya. Yang pasti sekarang latihan debat," kata RK kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip Jumat (4/10/2024).

3 dari 3 halaman

Paslon Lainnya

Kemudian, Cagub Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

"Tidak ada persiapan khusus jelang debat. Tema debat sama dengan apa yang saya kampanyekan dalam program saya, menyelesaikan dari akarnya yaitu ekonomi," ucap Dharma.

Sementara, Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menyatakan sudah siap berlaga dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024. Sebab, bagi dia, mempersiapkan materi debat bukanlah hal baru.

"Jadi kalau secara materi kami sudah siap dan ini bukan hal yang baru bagi saya pribadi. Saya sudah berkali-kali menjadi pendamping utama untuk calon presiden," terang Pramono.

Video Terkini