Sukses

Ridwan Kamil: Saya Sempat Menjadi Penasihat Gubernur Sutiyoso dan Foke

Ridwan Kamil (RK) memperkenalkan pasangannya cawagub Suswono. RK menyampaikan, Suswono adalah sosok yang pintar dan pernah diangkat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai menteri pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), pamer latar belakang saat memperkenalkan diri di momentum penyampaian visi dan misi dalam debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

RK bilang, pernah menjadi arsitek di luar negeri selama 7 tahun. Selain itu, dia menyebut juga pernah menjadi penasehat untuk mantan Gubernur Sutiyoso dan Mantan Gubernur Fauzi Bowo atau Foke.

"Nama saya Muhammad Ridwan Kamil background pendidikan saya arsitek 7 tahun saya diaspora di luar negeri, mendesain tata kota dunia kemudian dipanggil pulang oleh ibunda sempat menjadi penasihat Gubernur Pak Sutiyoso dan Pak Foke," kata RK di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Selain itu, RK menuturkan ia merupakan menjadi wali kota Bandung dan juga pernah memimpin Jawa Barat (Jabar). Tak hanya itu, RK berujar ia adalah kurator Ibu Kota Nusantara (IKN)

Lebih lanjut, RK juga memperkenalkan pasangannya Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono. RK menyampaikan, Suswono adalah sosok yang pintar dan pernah diangkat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai menteri pertanian.

"Di samping saya orang tua yang saya cintai Pak Suswono seorang pendidik, seorang pengayom, seorang pintar dan cerdas dan oleh Pak SBY dijadikan menteri pertanian," ujar RK.

RK menjelaskan, ia dan Suswono maju Pilkada Jakarta karena disatukan oleh satu cita-cita, yakni untuk membawa Jakarta baru dan maju pasca tidak lagi menyandang status ibu kota negara.

"Jakarta itu di masa depan kita ibaratkan sebagai lukisan dimana kami calon pemimpin dan anda warga di Jakarta bisa turut serta menggambar, melukis dan mewarnainya," kata RK.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Paparkan Visi Misi dalam Debat Perdana Pilkada 2024

Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil memaparkan visi misinya dalam debat perdana pilkada Jakarta 2024. Dia mengatakan, ada enam urusan yang menjadi perhatiannnya dalam debat malam ini.

"Malam ini kita akan debat soal 6 urusan, soal sumber daya manusia yang harus menghadapi persaingan global menuju Indonesia emas 2025, tentang generasi Z saya punya punya anak gen Z juga. Insyaallah anak-anak Gen Z yang lagi nonton, kami sebagai orang tua akan membersamai anda dalam kesulitan-kesulitan dan harapannya tentang pekerjaan," kata Ridwan Kamil saat debat Pilkada 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Dia mengatakan, dia juga akan berdebat tentang perlindungan kepada perempuan, anak, dan disabilitas. Dia mengatakan, mereka harus dilindungi.

"Kemudian juga kita akan berdebat tentang transportasi publik yang harus menyeluruh harus menjangkau sehingga rasa aman nyaman saat berkendara Sebelum pulang ke rumah itulah yang akan kami harapkan," kata dia.

RK juga menyinggung soal perlindungan kelestarian budaya. Dia mengatakan, Jakarta memang simpul dari segala budaya, tapi budaya Betawi sebagai kearifan lokal tentu akan didahulukan dengan gerakan membangun budaya Betawi.

"Kemudian ada tata kelola pemerintahan yang sifatnya harus responsif, adaptif, bukan soal pelayanan secara teknis tapi kami juga akan membangun kepercayaan dari masyarakat Jakarta kepada pemerintahan barunya," tandas Ridwan Kamil.