Sukses

Pramono Anung di Debat Perdana Pilkada: Gajah Mada Sumpah Palapa, Apa Kabar Warga Jakarta

Cagub Jakarta Pramono Anung mengawali penyampaian visi dan misi dengan pantun sapa warga di debat perdana Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur Jakarta (Cagub Jakarta) Pramono Anung mengawali penyampaian visi dan misi dengan pantun sapa warga di debat perdana Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024. Dia pun menyambungnya dengan sosok Betawi almarhum Benyamin Sueb.

"Gajah mada sumpah palapa. Apa kabar warga Jakarta," ujar Pramono menyapa warga salam debat Pilkada Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (Jiexpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

"Jalan besar yang kita lewati adalah Jalan Benyamin Sueb. Saya punya impian besar, Insyaallah sebagai penghormatan nama besar Benyamin Sueb, maka saya akan menyelenggarakan Benyamin S Award, yaitu singkatan Bersih, Nyaman, Indah dan Sejahtera," sambungnya.

Selama memulai kampanye, Pramono mengaku menemukan banyak kegundahan masyarakat. Seperti masalah lapangan kerja, kesehatan mental, dinamika guru honorer, hingga pembangunan dan kesejahteraan.

Untuk itu, dia memastikan seluruh problematika itu segera tuntas jika terpilih menjadi gubernur Jakarta 2024-2029 atau selama masa kepemimpinannya nanti.

"Kami temui fakta bahwa 354 ribu orang masih menganggur di Jakarta. Bahkan di tahun 2024, 53 ribu orang diterpa badai PHK," kata Pramono.

Untuk itu, akan ada bursa kerja atau job fair yang digelar sebanyak 3 bulan sekali untuk mengatasi masalah pengangguran. Tentunya, hal itu menyeluruh hingga untuk kepentingan disabilitas, perempuan, dan orang tua.

"Kami pastikan wajib belajar tuntas 12 tahun, tanpa kendala biaya, kami sediakan beasiswa kuliah tidak perlu verifikasi tiap tahun, tapi langsung dikontrak setelah lulus kuliah," ucap Pramono.

"Kami juga tidak melupakan kesejahteraan guru honorer yang sampai hari ini hanya menerima gaji Rp 2 juta tiap bulannya, agar mereka fokus mengajar, tidak lagi mencari pekerjaan sampingan, bahkan terjerat pinjol demi bisa bertahan hidup," Pramono menandaskan.

 

2 dari 3 halaman

Pramono-Rano Tiba di Lokasi Debat Bareng Mandra, Disambut Lantunan Salawat

Sebelumnya, calon gubernur dan wakil gubernur Pramono Anung-Rano Karno tiba di Jakarta International Expo (Jiexpo) yang menjadi lokasi debat Pilkada 2024. Kedatangan keduanya langsung disambut salawat 'Tholaal Badru Alaina' dari massa pendukung.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (6/10/2024), Pramono-Rano tiba sekitar pukul 18.10 WIB. Massa pendukung Pramono-Rano Tampak meriah menyambut paslon jagoannya.

Tampak pula artis Mandra, yang merupakan lawan main Rano Karno di serial Si Doel Anak Sekolahan.

Berbeda dibanding paslon lainnya, pendukung Pramono-Rano tampak lebih siap menyambut. Hanya kedua sosok tersebut yang mendekat ke massa, sementara dua paslon lainnya hanya melambaikan tangan dari jauh.

Sebelumnya, Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno alias Doel bakal menjalani debat perdana. Kegiatan debat pertama cagub-cawagub ini nantinya bakal dilaksanakan di Kemayoran, Jakarta Utara, hari ini Minggu (6/10/2024).

 

3 dari 3 halaman

Tak Ada Persiapan Khusus

Juru Bicara Pramono-Rano, Iwan Tarigan mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pasangan cagub-cawagub tersebut dalam menjalani debat nanti.

"Mas Pram dan Bang Doel, tetap melakukan kegiatan sehari hari, berolahraga pagi dan menerima tamu. Tidak ada persiapan khusus," kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (6/10/2024).

Ia menjelaskan, tidak adanya persiapan yang khusus dilakukan karena dengan melihat latar belakang dari Pramono maupun Doel.

"Karena tema debat hari ini adalah pekerjaan sehari hari Mas Pram ketika beliau aktif menjadi anggota DPR RI selama 4 Periode dan Sekretaris Kabinet selama 10 Tahun," jelasnya.

"Dan Bang Doel yang berpengalaman sebagai Wakil Bupati, Wakil Gubernur dan Gubernur Banten," sambungnya.